KAJIAN PRAGMATIK TERHADAP TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU SMA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI KELAS

Mulyani Yani

Abstract

Tindak tutur guru memiliki karakteristik tertentu, diantaranya: tindak tutur yang ditujukan kepada siswa untuk memerintah, meminta, menyarankan, memberikan informasi, memberikan penjelasan, memberikan definisi, memberikan pertanyaan, menyatakan kebenaran atau membenarkan, menarik perhatian, dan seterusnya. Tindak tutur yang demikian itu dilakukan oleh guru untuk  membangun komunikasi yang efektif dengan siswa melalui berbagai teknik dan strategi bertutur serta mempertimbangkan konteks situasi formal atau informal

Beberapa alasan penting mengapa penelitian ini menarik dilakukan, yakni (a) TTD guru adalah tindakan komunikasi yang terstruktur dan terencana antara guru dengan siswa dalam suasana formal dan informal, (b) TTD guru ikut menentukan sukses dan tidaknya proses pembelajaran di kelas, dan (c) TTD guru akan mencerminkan kompetensi komunikasi guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.

Full Text:

PDF

References

Austin, J.L. (1962). How To Do Things With Words. Oxford: Oxford University Press

Amy B.M.Tsui, (1995). Introducing Classroom Interaction. Serries Editors: Ronald Carter and David Nunan. Pinguin English.

Edi Subroto, D,(2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Sala: LPP dan UNS Press

Edi Subroto, D.(2008). ‘Pragmatik dan Beberapa Segi Metode Penelitiannya’ dalam Kelana Bahana Sang Bahasawan Persembahan untuk Prof. Soenjono Darjowidjojo, Ph.D dalam rangka ulang tahunnya ke -70. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Kreidler, (1998). Introducing English Semantics. New York: Routledge.

Searle,J.R. (1969). Speech Act: An Essay in the Philosophy of language. Cambridge: Cambridge University.

Sudaryanto,(1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Sutopo H.B.(2001). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Leech, Geoffrey N.(1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik (edisi terjemahan). Jakarta: UI Press.

Wijana, I Dewa Putu, (2004). Teori Kesantunan dan Humor. Makalah Seminar Nasional Semantik III: Pragmatik dan Makna Interaksi Sosial, 28 Agustus 2004 PS Linguistik S2, S3 UNS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.