KAJIAN ETNOLINGUISTIK TERHADAP PERIBAHASA ETNIK JAWA PANARAGAN SEBUAH TINJAUAN PRAGMATIK FORCE

Alip Sugianto

Abstract

Kajian Etnolinguistik terhadap peribahasa Etnik Panaragan sebuah tinjauan pragmatik force ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan melihat struktur bahasa, semantik, dan daya pragmatik dalam kerangka etnolinguistik untuk mengetahui nilai-nilai budaya yang terkandung di dalam peribahasa tersebut. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peribahasa yang terdapat dalam buku Babad Ponorogo jilid satu sampai delapan dan Film Warok Suromenggolo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peribahasa Jawa etnik Panaragan memiliki susunan yang sangat ketat di mana unsur-unsurnya tidak dapat dipermutasikan posisinya dan unsur-unsur tersebut juga tidak dapat digantikan oleh unsur-unsur lainnya. Melalui sudut pandang semantik peribahasa Jawa etnik Panaragan sarat dengan muatan makna, khususnya makna figuratif. Dari segi Etnolinguistiknya, peribahasa Jawa Etnik Panaragan juga sarat dengan nilai-nilai moral dan budaya yang mencerminkan kondisi masyarakat Ponorogo. Tuturan peribahasa disampaikan melalui sindiran, kritik, ataupun teguran sosial yang diekspresikan secara bijak sehingga memiliki daya pragmatik yang sangat tinggi.

Kata Kunci: Etnolinguistik, Daya Pragmatik, Peribahasa Jawa Etnik Panaragan

Full Text:

PDF

References

Adam, L. (1938a). Geschiedkundige aanteekeningen omtrent de Residentie Madioen. II. Bergheiligdommen op Lawoe en Wilis (Historical Notes about the Madiun Residency. II. Sacred Mountain Domains of Lawu and Wilis). Djawa, 18(6), 97-120.

Ayu Sutarto.2004. Studi Pemetaan Kebudayaan Jawa Timur Studi Deskriptif Pembagian 10 sub Kebudayaan Jawa Timur. Program Studi Antropolog. Fisip Universitas Jember

Edi Subroto, D. Sumarlam, Thomas Sumarno, Maryono Dwi Raharjo. 2003.”Kajian Etnolinguistik Terhadap Peribahasa, Bebasan, Seloka, Pepindhan dan Senepa”. Laporan Penelitian. Surakarta:Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Sugianto, Alip. 2014. Gaya Bahasa Mantra dan Budaya Warok Reyog Ponorogo Kajian Etnolinguistik. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Leech, Geofrey N.1993.Prinsip Prinsip Pragmatik. Jakarta UI Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.