MENEMUKAN HAKIKAT KONTEKS PRAGMATIK

Kunjana Rahardi

Abstract

Studi pragmatik tidak dapat melepaskan konteks (context-bound). Akan tetapi yang menjadi persoalan adalah konteks seperti apakah yang semestinya diperantikan dalam studi pragmatik itu. Penelitian berdimensi pragmatik memang setakat ini sudah banyak dilakukan, baik yang berkaitan dengan studi formal sebagai upaya pemenuhan salah satu persyaratan akademik studi jenjang pendidikan tertentu, maupun yang berkaitan dengan penelitian dalam rangka pemenuhan hibah dari pemerintah. Pertanyaannya, sungguhkah bahwa penelitian-penelitian yang dilakukan itu memang benar-benar sudah berdimensi pragmatik. Konteks seperti apakah sesungguhnya yang tidak dapat dilepaskan dalam studi pragmatik? Seperti apakah sesungguhnya jatidiri konteks dalam studi pragmatik itu? Kegelisahan penulis menyangkut hakikat konteks telah menuntunnya ke dalam studi yang mendalam ihwal konteks dalam pragmatik. Konteks dalam pragmatik tidak pertama-tama menunjuk pada dimensi fisik maupun dimensi sosial, tetapi pada seperangkat asumsi baik asumsi yang bersifat personal (personal assumption) maupun asumsi yang bersifat komunal (communal assumption). Kajian pragmatik yang tidak melibatkan asumsi-asumsi sebagai peranti pokok dalam memahami dan memaknai maksud penutur (speaker’s meaning) harus dipertanyakan hakikatnya sebagai kajian pragmatik.    

Kata Kunci: konteks pragmatik, context-bound, asumsi personal, asumsi komunal

Full Text:

PDF

References

Allan, Keith. 1986. Linguistic Meaning. London: Routledge & Kegan Paul plc.

Huang, Yan. 2007. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

Hymes, Dell. 1974. Foundation in Sociolinguistics: An Etnographic Approach. Philadelpia: University of Pennsylvania Press.

Leech, Geoffrey N. 1983. The Principles of Pragmatics. Oxford: Longman Group Limited.

Parera, J.D. 2004. Teori Semantik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Scollon, Ron and Suzanne Wong Scollon. 1995. Intercultural Communication: A Discourse Approach. Oxford: Blackwell. Sperber, Dan dan Deirdre Wilson. 1981. Relevance: Communication & Cognition. USA: Blackwell Publishers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.