PEMILIHAN BENTUK SAPAAN KEKERABATAN SEBAGAI STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI DI LINGKUNGAN KAMPUS

Dewi Kusumaningsih

Abstract

Tulisan  ini akan mendeskripsikan pemakaian bentuk sapaan kekerabatan sebagai strategi kesantunan berbahasa dalam interaksi di dalam kampus. Kegiatan komunikasi di dalam kampus sangat erat dengan norma tindak tutur kesantunan komunikasi. Komponen tutur yang terlibat di dalam komunikasi ini adalah antara dosen dengan pimpinan perguruan tinggi, dosen dengan dosen, dosen dengan karyawan, dosen dengan mahasiswa. Bentuk sapaan kekerabatan merupakan jenis bentuk sapaan yang handal karena dapat ditujukan kepada semua kawan bicara (P2) baik dalam konteks keluarga maupun nonkeluarga.

Kata kunci: Kesantunan, Bentuk Sapaan, Kekerabatan

Full Text:

PDF

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustinus. 2004. Sosiolinguistik,Jakarta: Rineka Cipta.

Hymes, Dell. 1987. Models of Interactions of Language and Social Life dalam John J. Gumperz dan Dell Hymes (ed) Directions in Sociolinguistics: The Ethnography of Communication. New York: Basil and Blackwell.

Kridalaksana, Harimurti.1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan oleh M.D.D. Oka dari judul asli The Principles of Pragmatics. Jakarta: Universitas Indonesia

Nababan, PWJ. 1986. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Rahardi, R. Kunjana. 2004. Dinamika Kebahasaan .Yogyakarta : Mitra Gama Wijaya.

Suhardi, Basuki. 2009. Pedoman Penelitian Sosiolinguistik. Jakarta: Pusat bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Sumampouw, Elfrida W.S. 2000.”Pola Penyapaan dalam Interaksi Verbal dengan Latar Mltilingual” Dalam Kajian Serba Lingistik. Editor Bambang Kaswari Purwo. Jakarta . Gunung Mulia.

Utami, Santi Pratiwi Tri. 2010. “Realisasi Kesantunan Berbahasa: Upaya Pengoptimalan Peran BahasaIndonesia Sebagai Pemersatu bangsa” dalam Proseding PIBSI XXXII.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka`

Refbacks

  • There are currently no refbacks.