JENIS TINDAK TUTUR GURU DAN RESPON SISWA DALAM KBM DI SMPN SURAKARTA

Woro Retnaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak tutur jenis apa saja yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan K13, mengapa guru menggunakan jenis tuturan tsb dan mengapa terjadi respons yang demikian. Penelitian dilaksanakan di tiga SMPN di Surakarta yang telah melaksanakan K13. Hasilnya jenis tindak tutur direktif guru dengan fungsi memerintah terjadi di dalam KBM, karena tujuan dari interaksi di ruang kelas dalam K13 tidak hanya untuk memberikan informasi materi pelajaran kepada para siswa saja, namun mengacu kepada keaktifan siswa, sehingga jenis TT direktif guru sangat diperlukan untuk memandu siswa dalam melakukan kegiatan 5M. Strategi kesantunan berbahasa guru dan siswa yang digunakan dalam KBM yaitu strategi kesantunan secara apa adanya, tanpa basa-basi (bald on record).

Key Word: tindak tutur,  KBM, pendekatan scientific.

Full Text:

PDF

References

Brown, Penelope and Stephen C. Levinson. 1987. Politeness: Some Universals in Language Usage. London: Cambridge University Press.

Gordon, T., Holland, J., & Lahelma, E. 2000. Making spaces. Citizenship and difference in schools. New York & London: St. Martin’s & MacMillan Press

Mahsun 2005; Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Palmer, Joy A. (ed). 2001. Fifty Modern Thinkers on Education: from Piaget to the Present. London: Roultledge.

Permendiknas RI nomor 103 tahun 2014.

Searle, J.R. 1969. Speech Act:An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge Universityt Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Surahman, Winarno. 1994. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar: Dasar-dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.