DEIKSIS DALAM RUBRIK AH TENANE PADA SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS
Abstract
Bahasa sangat berperan penting dalam media massa untuk menyampaikan informasi. Bahasa yang digunakan dalam media massa di samping sebagai penyampai informasi, juga akrab dengan ragam kedaerahan atau dialek Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk dan fungsi pemakaian deiksis yang terdapat dalam rubrik Ah Tenane dalam surat kabar harian umum Solopos tahun 2014 dan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk deiksis yang terdapat dalam rubrik Ah Tenane pada surat kabar harian Solopos tahun 2014 dibagi menjadi lima, yaitu deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial. Tiap-tiap deiksis tersebut memiliki fungsi pemakaian yang beragam sesuai dengan referenya masing-masing.
Kata kunci: pragmatik, analisis wacana, deiksis, surat kabar, rubrik pembacaFull Text:
PDFReferences
Cahyono, B.Y.1995. Kristal-kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press.
Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Depdikbud.
Purwo, B.K.1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sarwoko, T.A. 2007. Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: Andi.
Setiawan, B.2014. Pragmatik Sebuah Pengantar.Salatiga:Widya Sari Press.
Su,Y .2010. A Corpus-based Contrastive Analysis of First Personal Deixis. Journal of Language Teaching and Research. Vol.1. (31). 231-234.
Wijana, I.D.P. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.