REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA JAWA MELALUI PESAN SINGKAT (SMS) ANTARA MAHASISWA DAN DOSEN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN AKADEMIS

Astiana Ajeng Rahadini, Favorita Kurwidaria

Abstract

Penggunaan teknologi informasi yang berupa SMS saat ini telah menjadi sarana komunikasi yang banyak dipilih/digunakan oleh para akademisi. Demikian juga antara mahasiswa dan dosen dalam hubungannya dengan kegiatan akademik. Namun, dewasa ini terdapat kecenderungan mahasiswa yang kurang dapat bertutur santun sesuai dengan prinsip kesantunan. Ketidaksantunan tersebut terlihat baik dari segi isi maupun penggunaan bahasa. Kriteria kesantunan suatu bahasa pada dasarnya tidak terlepas dari budaya yang mengikatnya, demikian juga dengan bahasa Jawa yang memiliki kriteria penanda kesantunan berbahasanya sendiri. Di dalam makalah ini mengkaji kesantunan berbahasa Jawa SMS mahasiswa kepada dosen dengan pendekata sosiopragmatik. Data diambil dan diseleksi dari beberapa percakapan SMS antara dosen dan mahasiswa yang menggunakan bahasa Jawa. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak semua SMS mahasiswa ke dosen sesuai dengan bidal kesantunan yang menjadi pedoman masyarakat Jawa. Bidal tersebut meliputi bidal kurmat ‘hormat’, empan papan ‘sadar akan tempat’, andhap-asor ‘rendah hati’, dan tepa selira ‘tenggang rasa’.

Kata kunci: kesantunan berbahasa Jawa, bahasa SMS mahasiswa dan dosen.

Full Text:

PDF

References

Cruse, Alan. (2006). A Glossary Of Semantics and Pragmatics”. London: Edinburgh University Press

Gunarwan, Asim. (1994). Kesantunan Negatif di Kalangan Dwibahasawan Indonesia-Jawa di Jakarta: Kajian Sosiopragmatik. Dalam Bambang Kaswanti Purwo. (Ed.), PELLBA 7 Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya: Ketujuh (81-121). Yogyakarta: Kanisius.

Rahadini, Astiana Ajeng. (2013). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP N 1 Banyumas. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardi, Kunjana. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. (2009). Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jakarta: Gama Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.