ANALISIS KUALITAS TERJEMAHAN PERGESERAN TINDAK TUTUR DIREKTIF PROHIBITING DALAM NOVEL MORNING, NOON, AND NIGHT

Nurochman Nurochman

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk: 1) menemukan pergeseran tindak tutur direktif prohibiting dalam novel, Morning , Noon, and Night, 2) menemukan teknik penerjemahan yang digunakan penerjemah dalam menerjemahkan tidak tutur tersebut, 3) mengetahui kualitas terjemahan pergeseran tindak tutur direktif prohibiting dalam novel, Morning, Noon, and Night. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Morning, Noon, and Night dan terjemahnnya. Datannya berupa percakapan yang terjadi dalam novel Morning, Noon, and Night dan terjemahannya. Penulis menemukan lima data percakapan yang berkaitan dengan pergeseran tindak tutur prohibiting. Penerjemah menerjemahkan dengan teknik penerjemahan modulasi. 

Full Text:

PDF

References

Catford, J.C.1980. A Linguistic Theory of Translation. London: Oxford University Press.

Halliday, M.A.K. dan Hasan, Ruqaya. 1976. Bahasa, teks, dan Konteks: Aspek-aspek Bahasa dan Semiotik Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Ibrahim, Abdul Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Kreidler, Charles W.1998. Introducing English Semantics. London: Routledge.

Kridalaksana, harimurti.1984. Kamus Linguistk. Jakarta: PT. Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Sikap dan Fungsi Bahasa. Ende, Flores: Nusa Indah.

Levinson, Stephen C. 1987. Pragmatics. Cambridge: Press Syndicate of University of Cambridge.

Molina, Lucia and Amparo Hutardo Albir, A. 2002. Translation Techniques Revisited: a Dynamic Functionalist Approach. Spanyol: Universitat Automata da Barcelona.

Morris, W, Charles. 1937. Logical Positivism, Pragmatism, and Scientific Empiricism. Paris: Hermann et Cie.

Nababan, Mangatur dkk. 2011. Pengembangan Model Penilaian Kualitas Terjemahan. Laporan Penelitian Hibah Kompetensi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sulistyo, Edy Tri. 2013. Kajian Pragmatik Tindak Tutur Direktif dalam Serat Wedhatama Karya KGPAA Mangkunagara IV. Disertasi. Surakarta: Pascasarjana UNS.

Wilkinson, S. 2000. Focus group research. In D. Silverman (ed), Qualitative Research: Theory, Method, and Practice. Thousand Oaks, CA: sage.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.