PENERAPAN PRINSIP KERJASAMA DALAM TUTURAN STAF GRO JEPANG DI TRAVEL HIS TOUR

A.A.Ayu Dian Andriyani

Abstract

          Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kerjasama yang dilakukan staf gro bahasa Jepang dengan wisatawan Jepang yang datang ke Travel HIS tour untuk memesan optional, mengambil benefit tour maupun menanyakan segala informasi selama berada di Bali. Secara umum staf gro berperan sebagai orang yang penting karena wajib memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada wisatawan Jepang selaku tamu yang datang ke Travel HIS Tour. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data primer didapat dari tuturan lisan antara staf gro dengan wisatawan Jepang dengan teknik simak, libat dan cakap. Hasil analisis data pada penelitian ini disajikan dengan menggunakan metode penyajian informal. (Sudaryanto, 1988:29). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip kerja sama sudah diterapkan melalui tuturan antara wisatawan Jepang dengan staf gro. Berdasarkan pada seluruh data tuturan yang didapat, terjalinnya hubungan harmonis diantara staf gro dengan wisatawan Jepang merupakan penerapan dari prinsip kerjasama Grice, dengan penerapan ini, maka fungsi dan peran gro sudah terlaksana dengan baik.

 

Kata kunci : Prinsip kerjasama, Staf Gro, Wisatawan Jepang

Full Text:

PDF

References

Andriyani, Dian. 2010. Thesis “Analisis Tuturan Wisatawan Jepang dalam berkomunikasi dengan Gro Staf di Travel HIS Tour ”.

Dinas Pariwisata Propinsi Bali. “UU Pariwisata no: 9 tahun 1990 & Perda no: 3 tahun 1991).

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik (terjemahan M.D.D.Oka). Jakarta: UI Press.

Sudaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Yule, George.2006. Pragmatik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.