REALISASI KESANTUNAN TINDAK TUTUR ANTARA MAHASISWA DAN DOSEN DI POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA MELALUI LAYANAN PESAN SINGKAT

Ratna Susanti

Abstract

Berbahasa santun diperlukan dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis, salah satunya melalui layanan pesan singkat atau short message service (SMS). Kesantunan dalam berkomunikasi sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan interpretasi atau penafsiran. Sebagai alat komunikasi, bahasa berkaitan erat dengan pragmatik yang memahami maksud tersirat maupun tersurat dibalik tuturan baik lisan maupun tulisan.

Makalah ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk realisasi kesantunan tindak tutur antara mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus Politeknik Indonusa Surakarta melalui layanan pesan singkat (short message service/SMS). Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Data dalam penelitian ini yaitu kalimat yang mengandung realisasi kesantunan tindak tutur yang digunakan oleh mahasiswa dalam berinteraksi dengan dosen di lingkungan kampus Politeknik Indonusa Surakarta. Sumber data yaitu segala bentuk tuturan antara mahasiswa dan dosen yang ada di lingkungan kampus Politeknik Indonusa Surakarta dalam bentuk pesan singkat atau short message service (SMS). Alat yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah telepon genggam merk Lenovo tipe A7000 dan kartu data. Tindak tutur yang muncul dalam tulisan SMS tersebut adalah tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlukosi, yang terdiri atas tindak tutur representatif/asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif.

Kata Kunci:  kesantunan, tindak tutur, mahasiswa, dosen, pesan singkat

Full Text:

PDF

References

Austin, J.L. 1975. How to do Thing with Words. Oxford: Oxford Unviersity Press

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, Septiana Anjela; Saman, Sisilya; dan Salem, Laurensius. 2013. “Realisasi Kesantunan Berbahasa oleh Masyarakat Dayak Kanaytn” dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2013. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunarwan, Asim. 2007. Pragmatik, Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

http://www.balaibahasajateng.web.id/index.php/read/home/detail/109/Siaran-Bina-Bahasa-dan-Sastra-di-RRI-Semarang-Paradigma-Tindak-Tutur-dan-Kesantunan-Bahasa-dalam-Layanan-Pesan-Singkat

Leech, Geoffrey N. 1993. Principles of Pragmatics. London: Longman.

__________. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik (Diterjemahkan oleh Dr. M.D.D. Oka, M.A). Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexi. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardi, Kunjana. 2005. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Erlangga.

Rosanti, Mardiana; Saman, Sisilya; dan Amir, Amriani. 2013. “Realisasi Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Sungai Pinyuh” dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2013. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuatitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumarlam. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Suprihatin, Yeni Mulyani. 2007. “Kesantunan Berbahasa dalam Mengungkapkan Perintah”. Dalam Jurnal Linguistik Indonesia. Tahun 25, No.1, hlm. 53-62, Masyarakat Linguistik Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik, Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yule, George. 2006. Pragmatik (Terjemahan Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.