TINDAK TUTUR PERCAKAPAN BAHASA JAWA DALAM KRATON SURAKARTA HADININGRAT

Eka Susylowati

Abstract

Tujuan dari penelitian di atas untuk mengetahui bentuk tindak tutur yang digunakan dalam lingkup kraton Surakarta Hadiningrat dalam kehidupan sehari-hari. Pengunpulan datanya dilakukan dengan dengan metode observasi, interview dengan teknik rekam. Analisis datanya dengan menggunakan teori Austin (1962).  Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan bahasa Jawa pada masyarakat kraton Surakarta Hadiningrat ditemukan tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi.

Kata kunci : Tindak Tutur, Bahasa Jawa, Kraton Surakarta Hadiningrat

Full Text:

PDF

References

Austin, J.I. 1962. How to Do Things with Words. Cambridge : Mass : Harvard UP

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. London and New York : Longman.

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa: Seri Etnografi Indonesia No. 2. Jakarta: Balai Pustaka.

Miji, Lestari Prembayun. 2006. Karakteristik Bahasa Pengamen: Studi Pemakaian Bahasa Pada Keluarga Pengamen Surakarta (Kapas) Kajian Sosio-Pragmatik.Tesis Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rusbiyantoro, Wenni. 2011. Penggunaan Kata Sapaan dalam Bahasa Melayu Kutai. Tesis Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Soepomo, Koendjana Th. Gloria Soepomo, Alif dan Sukarsa. 1979. Tingkat Tutur Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan.

Soeratman, Darsisti. 2000. Kehidupan Dunia Kraton Surakarta: 1980-1939. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad, Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yule, George. 1996. Pragmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.