PRAANGGAPAN DAN IMPLIKATUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA UNTUK MEMBENTUK PEMIKIRAN KRITIS IDEOLOGIS PEMUDA INDONESIA: SEBUAH PENDEKATAN PRAGMATIK

Indah Riyanti

Abstract

Pengajaran di sekolah merupakan titik tumpu pendidikan. Pendidikan bangsa Indonesia adalah modal utama dalam berdirinya sebuah bangsa. Pemuda Indonesia adalah generasi penerus bangsa dengan intelektualnya yang harus berpikir kritis ideologis sebagai modal utama dalam mengelola bangsa. Hal ini berarti bahwa pendidikan merupakan bidikan utama yang harus dilekatkan dalam diri siswa sebagai tunas bangsa. Keberhasilan pendidikan di sekolah merupakan cerminan keberhasilan seorang guru dalam mengajar. Semua perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, tidaklah lepas dari bahasa atau tuturan yang ia gunakan. Tuturan guru adalah faktor vital dan fatal yang dapat berefek pada siswa dalam pembelajaran, sebab tuturan guru merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi si terdidik. Misalnya, tuturan berupa penguatan dari guru kepada siswa berefek menjadikan siswa lebih giat lagi belajar. Sebaliknya tuturan berupa evaluasi secara tidak halus akan membuat siswa down dan kepercayaandirinya akan hilang. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan pendekatan pragmatik melalui praanggapan dan implikatur dalam pembelajaran yang dapat dijadikan untuk membentuk pemikiran kritis ideologis siswa.

Kata kunci: praanggapan, implikatur, pembelajaran bahasa, pemikiran kritis, ideologis.

Full Text:

PDF

References

Nababan. 1989. Ilmu Pragmatik: Teori dan Penerapannya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoran Jendral Pendidikan Tinggi.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.