Kompetensi Profesionalisme Guru Di Bidang Bio- Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Guru: Literatur Review

Octaviani Fajrin, Franciska Livia Pangemanan, Miftaningtyas Febriani, Eko Retno Mulyaningrum, Reni Rakhmawati

Abstract

This article aims to educate and provide solutions for biology teachers to become bio-entrepreneurs in order to improve teacher welfare. The research method used is the literature review method to analyze how to become a bio-entrepreneur which can improve teacher welfare. Data was collected by searching for e-journals relevant to this topic via Google Scholar for the last 7 year period from 2017-2024.The results of the analysis from several articles show that: becoming a bio-entrepreneur can improve teacher welfare.

Keywords

bio entrepreneurship; kesejahteraan guru; kompetensi profesionalisme; literature review

Full Text:

PDF

References

Abdul, M. 2010. Analisis statistik SPSS for Windows: Cara praktis melakukan analisis statistik. Surabaya: CV Duta Aksara

Acquaah, G. (2004). Understanding Biotechnology: An Integrated and Cyber-Based Approach. New Jersey: Prentice Hall

Agustiani, S., Ramdhan, B., & Suhendar, S. (2022). Analisis Minat Wirausaha Dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Berorientasi Bioentrepreneurship:(Analysis of Entrepreneurial Interest and Creativity in Learning Using a Bioentrepreneurship-Oriented Project Based Learning Model). BIODIK, 8(4), 19-29. ALSYS, 2(6), 712-731.An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 135-148.

Ani Setiani, S. (2021). MODEL ENTREPRENEURSHIP BAGI CALON GURU BERBASIS PRAKTIK PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL.

Arafah, S., Miko, J., & Syafitri, E. (2022). Implementasi Personal Branding Dalam Meningkatkan Kredibilitas Jiwa Entrepreneurship Di Era Digital. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 119- 123.

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta. Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. Jakarta: Berita Resmi Statistik.

Bahagia, S. (2017). Penggunaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di MTsS Luqman Al-Haqim Kecamatan Lhoknga Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

BAIHAQI, M. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMK DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI).

Collet, C & Wyatt, D .2005.“Bioneering”- teaching biotechnology entrepreneurship at the

D’amore, B. 2013. Epistimology, didactic of mathematic and teaching practise.Mediteranian Jurnal for Research Mathemathics Education

Fitriah, E. (2016). Implementasi bioentrepreneurship pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan life skills dan minat wirausaha siswa madrasah aliyah berbasis pesantren di Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1-18 Winarni, D.S. (2017). Analisis kesulitan guru PAUD dalam membelajarkan IPA pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(1), 12-22

Gafar, A. A., Hikmawati, V. Y., Mu’Minah, I. H., & Supiati, S. (2021). TEMPE NAGATON SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BIOENTREPRENEURSHIP SISWA DI PONDOK

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274- 285. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(2), 293-303.

Jayadih, M., Suhardi, H. E., & Rubini, B. (2024). Strategi & Peningkatan Kualitas Layanan Guru: Transformasi Melalui Kepemimpinan, Teknologi, Kreativitas dan Entrepreneurship. Jakad Media Publishing.

Kristianti, E.A., Bintari, S.H., Ridlo, S. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioentrepreneurship Pembuatan Makanan dari Limbah Cair Pengolahan Kedelai. Journal of Innovative Science Education. 1 (1), 112-118.

Langer, L.J. (2014). Building a curriculum for bioentrepreneur.

Lestari, F. (2018). Karakteristik fisik kimia kefir susu kambing dengan penambahan ekstrak sari kacang merah dan buah naga merah. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Mansir, F. (2020). Kesejahteraan dan kualitas guru sebagai ujung tombak pendidikan nasional era digital.

Mudarris, B. (2022). Profesionalisme Guru di Era Digital; Upaya dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan.

Mujab, S., Nugraheni, D., & Winarni, D. S. (2019). Penerapan Pembelajaran Bioentrepreneurship pada Materi Bioteknologi Fermentasi Kefir untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 227-231.

Muliadi, A. (2020). Microbiology Learning Based on Bioentrepreneurship: Prospective Teacher’s Perception. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4).

Muliadi, A., & Imran, A. (2021). Bioteknologi Berbasis Bioentrepreneurship: Persepsi Mahasiswa Biologi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Muliadi, A., & Imran, A. (2021). Bioteknologi Berbasis Bioentrepreneurship: Persepsi Mahasiswa Biologi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Muliadi, A., Mirawati, B., Suryati, S., & Dharmawibawa, I. D. (2021). Implementasi Konsep Bioentrepreneurship Berbasis Potensi Lokal Melalui Pelatihan Pembuatan Nata de Cashew. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(2), 49-56.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Novitasari, N. (2019). Keterampilan Entrepreneurship Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 3(1), 70-87. PESANTREN. Indonesian Journal Of Community Service, 1(2).

Nugraheni, D. (2018). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kreativitas siswa. JP2F: Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 73-79

Nurseto, T. 2010. Pendidikan berbasis entrepreneur. Jurnal pendidikan Akuntansi Indonesia No.2. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Riduan, A. (2010). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Bandung: Alfabet.

Ruwaidah, E., Hartawan, T., & Muliadi, A. (2022). Efek Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Self Efficacy Mahasiswa dalam Bidang Wirausaha. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 683-695.

Sardiman. 2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Setiani, A. (2021). MODEL ENTREPRENEURSHIP BERBASIS PRAKTIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL. LAPORAN PENELITIAN.

Shiyamsyah, F. S. F., Yuliani, Y., & Rahayu, Y. S. (2024). Validity and Practicality of Project-Based Learning Teaching Modules to Train Life Skills Era Society 5.0 (Bioentrepreneurship). Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 86-106.

Sholeh, M. (2023). PENGEMBANGAN JIWA ENTREPRENEURSHIP GUNA MENINGKATKANKESEJAHTERAAN GURU HONORER MUARA BULIAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1151-1156.

Suherman, E. (2010). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Supriatno, B., Kusumawaty, D., Tallei, T. E., Emran, T. B., & Suwandi, T. (2023). Introducing CAPAB (L) E: A Learning Model to Promote Prospective Biology Teacher’s Entrepreneurship Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 265-275.

Syamsudin dan Damayanti. (2011). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya undergraduate level. Education + Training, 47 (6), 408-421.

Wahyudin, D. (2020). Pengaruh tingkat kesejahteraan guru dan beban kerja guru terhadap kinerja guru.

Wibowo, A. 2011. Pendidikan kewirausahaan (konsep dan strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winardi. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Yulianti, Y. 2016. Pentingnya media pembelajaran berbasis entrepreneurship. JP2SD: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1(4), 283-287

Yulinda, R., Sari, M. M., Hayati, F., & Rahman, A. (2022). Validitas dan praktikalitas buku ajar mikrobiologi berbasis proyek bioentrepreneurship. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 162- 171.

Yurmaini, Y., & Nasution, U. F. (2021). KONTRIBUSI UNIT USAHA DAYAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN GURU DAYAH PERBATASAN DARUL AMIN ACEH TENGGARA. HIBRUL ULAMA, 3(1), 17-26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.