Persepsi Integrasi Nilai Keislaman pada Mata Kuliah Biologi Dasar (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Abstract
Pemisahan agama dengan ilmu pengetahuan menjadi fenomena di berbagai negara muslim. Perguruan tinggi keagamaan Islam termasuk UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengembangkan model perkuliahan integrasi Islam dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai integrasi nilai keislaman pada mata kuliah biologi dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan cara menyebarkan kuesioner dan wawancara. Penelitian melibatkan mahasiswa pendidikan biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2021 dan 2022 sebanyak 164 mahasiswa. Kuesioner menggali persepsi positif dan persepsi negatif terhadap integrasi Islam dan ilmu biologi pada perkuliahan biologi dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90,24% mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran biologi dasar yang terintegrasi dengan nilai keislaman. Mahasiswa baik berasal dari SMA/SMK maupun MA/Pesantren memiliki persepsi positif terhadap integrasi keislaman pada perkuliahan biologi dasar. Persepsi positif mahasiswa juga tidak berhubungan dengan nilai mata kuliah, namun berdasarkan pengalaman yang dirasakan selama belajar biologi dasar terintegrasi keislaman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. A. (2018). Islam dan Sains: Paradigma Integrasi. Yogyakarta: Deepublish.
Herlanti, Y., Noor, M. F., & Zein, N. (2022). The Integration Of Islamic Values And Biology Education Using Pedagogical Content Islamic Knowledge (PCIK). Jurnal Tarbiyatuna, 13(1), 43–62.
Irwanto. (2001). Psikologi Umum. Jakarta: PT Prenhallindo.
Maidiana. (2021). Penelitian Survey. Alacrity : Journal of Education, 1(2), 20–29.
Minarno, E. B. (2017). Integrasi Sains-Islam dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Industri, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
Nata, A., Suwito, Abdillah, M., & Arif, A. (2005). Integrasi Ilmu Agama & Ilmu Umum. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suryaningsih, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 22–33.
Warsah, I., & Daheri, M. (2021). Psikologi: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.
Wathoni, L. M. N. (2018). Integrasi Pendidikan Islam dan Sains. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.