Pendampingan Lesson Study di SMPN 1 Aikmel Dalam Membentuk Komunitas Belajar

Marhamah Marhamah

Abstract

Komunitas belajar bagi guru sangat diharapkan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Salah satu pola yang tepat dalam membentuk komunitas belajar adalah pola Lesson study. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendampingi guru-guru di SMPN 1 Aikmel dalam membentuk komunitas belajar melalui pola Lesson Study. Metode pelaksanaan kegiatan adalah PRA (Participatory Rural Apraisal), yaitu metode yang melibatkan guru dan siswa sebagai khalayak sasaran dan subjek partisipan. Pendampingan dilaksanakan melalui beberapa tahapan meliputi: (a) sosialisasi tentang Lesson Study, (b) Pembentukan Tim Lesson study di sekolah, (c) Menyusun Action Plan bersama tim, (d) Melaksanakan Lesson study dalam proses pembelajaran. Hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan terbentuknya komunitas belajar bagi guru di SMPN 1 Aikmel pada implementasi pembelajaran IPA yang dilaksanakan dengan pola Lesson Study. Guru-guru bersama-sama merancang pembelajaran pada tahap Plan, bersama-sama mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru model pada tahap Do, dan Bersama-sama melakukan refleksi pembelajaran untuk mendapatkan pembelajaran berharga pada tahap See.

Keywords

Komunitas belajar; Lesson study

Full Text:

PDF

References

Betsy Ng, Aneesah L. (2022). Exploring Students’ Learning and Motivation in a Lesson Study for Learning Community (LSLC) Environment: a new perspective. International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol 11, issue 3

Hamna, Muh. Khaerul Ummah, (2021). Implementation of Lesson Study Based Collaborative Learning: Analysis of Improving Science Learning Achievement of Elementary School Students during Pandemic Covid-19. International Journal of Education & Curriculum Application http://journal. ummat.ac.id/index.php/IJECA.

Hidayat A., High Quality Lesson Study. Makalah Disampaikan pada In Class Training I, Kemitraan Dosen dan Guru di Sekolah

Lewis C., Friedkin S., Emerson K., Henn L., and Goldsmith L., (2019). How Does Lesson Study Work? Toward a Theory of Lesson Study Process and impact. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED597592.pdf

Marhamah, Maimunah, Khalikul Amin, Misnawati., (2023). Practicing 21st Century Skills for SMPN 1 Aikmel Students through a Scinetific Approach with a Lesson Study Model. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/70335/pdf

Salasiah, Hariyanto D., Ahini T., Widhiastuti A., Adawiyah R., Erdiningsih, Moh. Hermansyah A, Haryono A., Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Secara Daring Melalui Lesson Study. JIPI 6(1):20-32, 2022.Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. e-ISSN: 2620-553X p-ISSN: 2614-0500

Setyawan D., Permana, T.I., Latifa R., (2019). Lesson Study for Learning Community: A way of collegial participation of teachers and lecturers. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/ BIOEDUKATIKA/article/view/11936/pdf_26

Susilo H., Chotimah. H., Joharmawan, R., Jumiati., Sari, Y.D., Sunarjo. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah. Bayumedia Publishing: Malang

Widiadi, A. N., Utami, I. W. P., (2016). Praksis Lesson Study for Learning Community dalam Pembelajaran IPS pada SMP melalui Kolaborasi Kolegial Guru dan Dosen. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/ index.php/jtppips/article/view/1571/858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.