Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Biologi Bermuatan Kearifan Lokal bagi Guru di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliawati, A. (2022). Peningkatan kemampuan menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui pendampingan dengan metode diskusi kelompok guru SMA Negeri 14 Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 4(4), 200-213.
BPS KBB. (2016). Statistik Daerah Kecamatan Cikalong Wetan Tahun 2016 (BPS (ed.); Issue 021). Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat.
BPS KBB. (2021). Kecamatan Cikalongwetan dalam Angka 2021. Tersedia online: https://bandungbaratkab.bps.go.id/publication/2021/09/24/1217a29923e5977b8544f883/kecamatan-cikalong-wetan-dalam-angka-2021.html
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-modul ajar kurikulum merdeka belajar berbasis kearifan lokal Bali pada mata pelajaran IPAS kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 91-99.
Djuwendah, E., Renaldy, E., & Hapsari, H. (2019). Analisis Potensi Ekonomi dan Pengarahan Pusat Pertumbuhan di Kabupaten Bandung Barat. Tersedia online: https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2015/01/1-Analisis-Potensi-Ekonomi-dan-Pengarahan-Pusat-Pertumbuhan1.pdf
Dolasinski, M. J., & Reynolds, J. (2020). Microlearning: a new learning model. Journal of Hospitality & Tourism Research, 44(3), 551-561.
Maarif, N. S. (2022). Peningkatan ketrampilan guru dalam penyusunan modul ajar untuk pembelajaran kelas 1 SD melalui supervisi akademik. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(1), 208-220.
Martín, A., González, D., & Jeong, J. S. (2022). Service learning as an education for sustainable development (ESD) teaching strategy: Design, implementation, and evaluation in a STEM university course. Sustainability, 14(12).
Nurrahmi, R. (2018). Pengembangan modul berbasis kearifan lokal daerah istimewa yogyakarta untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(7), 1627-1637.
Pratama, R. B., Fikriyah, F., & Rohaeti, R. (2021). Pengembangan E-Modul Bemuatan Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 2 Waruroyom. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 15-25.
Ridwan, I., Anggraeni, S., & Supriyatno, B. (2020). Analisis lembar kerja peserta didik sekolah menengah atas pada praktikum uji urin. Biodik, 6(3), 319–327.
Supriyadi, A. dan Sari, F. W. (2022). Pelatihan pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal untuk peningkatan profesionalisme guru di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4306-4312.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills - learning for life in our times -. In John Wiley & Sons, Inc. (1st ed., Vol. 2, Issue 1). Jossey-Bass.
Yuniarti, I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 691-697.
Zahri, M., Fuat, H., dan Subakir, S. (2023). Kemampuan menyusun modul ajar guru SD pada sekolah penggerak di Kabupaten Bangkalan. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 93-106.
Refbacks
- There are currently no refbacks.