KEANEKARAGAMAN PLANKTON DI DANAU RAJA KABUPATEN INDRAGIRI HULU SEBAGAI RANCANGAN KAMUS VISUAL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Nella Suwarno, Yuslim Fauziah, Nursal Nursal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat dijadikan sebagai sumber informasi keanekaragaman jenis plankton di Danau Raja. Penelitian dilaksanakan di Danau Raja Kabupaten Indragiri Hulu pada bulan April 2019. Parameter yang diukur yaitu parameter biologi dan parameter fisika kimia perairan. Rancangan dalam penelitian ini yaitu tahap pengambilan data lapangan dilaksanakan dengan penelitian eksploratif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 stasiun dengan dengan teknik purposive sampling. Metode pada penelitian ini terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap analisis keanekaragaman plankton yang terdapat di Danau Raja dan pembuatan rancangan kamus visual pembelajaran Biologi SMA. Pada penelitian perancangan kamus visual menggunakan model Four-D yang terdiri atas empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope), dan penyebaran (dissemination). Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan komposisi fitoplankton di Danau Raja ditemukan 5 kelas, 20 jenis dan 188 individu. Kelimpahan fitoplankton tertinggi terdapat pada stasiun IV dan terendah terdapat pada stasiun I. Indeks keanekaragaman fitoplankton tertiggi terdapat pada stasiun IV dan terendah pada stasiun I. Kelimpahan zooplankton tertinggi di dapatkan pada satsiun III dan stasiun IV, sedangkan pada stasiun I dan stasiun II tidak dijumpai adanya zooplankton. Indeks keanekaragaman zooplankton tertinggi didapatkan pada stasiun III dan stasiun IV sedangkan pada stasiun I dan stasiun II tidak ditemukannya zooplankton.

Keywords

Fitoplankton, Zooplankton, Teknik Purposive Sampling

Full Text:

PDF

References

Ahmad Rizki. Yunafsi. Ahmad Muthtadi. 2015. Analisis Kualitas Air dan Beban Pencemaran di Danau Pondok Lapan Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat. Jurnal manajmenen sumber daya perairan. Fakultas pertanian. Universitas Sumatra Utara.

Ahmadi, 2008. Kualitas Perairan Anak Sungai Cikotuk di Kabupaten Kampar Berdasarkan Bioindikator Plankton. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Amalia Nurtirta Sari. Sahala Hutabarat. Prijadi Soedarsono. 2014. Struktur Komunitas Plankton pada Padang Lamun di Pantai Pulau Panjang. Diponegoro Journal Of Maquares. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Diponegoro.

Asmika Harnalin Simarmata. Clemens Sihotang. Madju Siagian. 2016. Limnologi. UR press. Pekanbaru.

Asriyana. Yuliana. 2012. Produktivitas perairan. Bumi Aksara. Jakarta.

Barus, T. A. 2004. Pengantar Limnologi Studi Tentang Ekosistem Air Daratan. USU Press. Medan.

Campbell. Reece. Mitchell. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid III. Erlangga. Jakarta. Cole, G. A. 1979.. Text Book of Limnology. The CV Mosby Company. London.

Dinas Pemuda dan Pariwisata. 2018. Data Wisata Danau Raja Rengat. Kabupaten Indragiri Hulu. Riau.

Dodo Prakoso. Tengku Dahril. Asmika. H. Simarmata. 2016. Water Condition of Tajwid Lake in the Langgam District, Pelalawan Regency, Riau Province. Jurnal Produktivitas Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Riau.

E. Takari, S.Pd. 2007. Kamus Visual Tentang Hewan. Epsilon grup. Bandung.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air. Kanisius. Yogyakarta. Korelasi Kelimpahan Plankton Dengan Suhu Perairan Laut Di Sekitar PLTU Cirebon. Jurnal Perikanan Kelautan. VII (1).

Irpan Hilmi Suwangsa. 2006. Keanekaragaman Plankton di Perairan Danau Beratan Bali. Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (online) http://repository.uinjkt.ac.id.

Lismining P. Astuti. Andri Warsa. Hendra Satria. 2009. Kualitas Air dan Kelimpahan di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Jurnal Perikanan. Jayapura.

Magurran, A.E. 1988. Ecological diversity and its measuretment. Princeton University Press, New Jersey : x.

Muhammad Faiz Faza. 2012. Struktur Komunitas Plankton disungai Pasanggarahan dari bagian Hulu (Bogor, Jawa Barat) Hingga Hilir (Kembangan, DKI Jakarta). Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Payne, A.I. 1996. The Ecology Of Tropical Lakes and Rivers. Singapor JhonWiley & Sons.

R. Razak Setiawan. 2016. Komposisi dan Strutur Komunitas Plankton di Sungai Subayang untuk Pengembangan Modul Mata Kuliah Ekologi Perairan. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Reece, Campbell. Mitchell. 2004. Biologi edisi kelima – jilid 3. Jakarta. Erlangga.

Rizki Anita Lubis. Eni Sumiarsih. Adriman. 2016. Abundance of Phytoplankton in the Kampar Kiri River, Mentulik Village, Kampar Kiri Sub-District, Kampar District, Riau Province. Skripsi Student of the Fisheries and Marine Science Faculty. Riau University.

Robi Darwis. 2011. Struktur Komunitas Plankton di Perairan Sungai Suir Kanan Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Skripsi Program Studi pendidikan Biologi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Sachlan, M. 1992. Planktonologi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Simanjuntak, K. D. M. 2013. Vertical Profile of Phytoplankton Abundance in Tanjung Putus Oxbow Lake Buluh Cina Village Siak Hulu Sub District Kampar District Riau Province. Skripsi. Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Riau, Pekanbaru. (Tidak diterbitkan).

Suwondo. Elya febrita. Dessy dan Mahmud Alpusari. 2004. Kualitas Biologi Perairan Sungai Senapelan, Sago dan Sail Kota Pekanbaru Berdasarkan Bioindikator Plankton dan Bentos. Laboratorium Zoologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.