Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Manajemen Laboratorium Biologi SMA Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat

Luthfiana Nurtamara, Aminuddin Prahatama Putra, Nurul Hidayati Utami, Bunda Halang

Abstract

Kompetensi lulusan program studi Pendidikan biologi salah satunya adalah lulusan memiliki kemampuan bekerja di laboratorium. Pada mata kuliah manajemen laboratorium mahasiswa dilatih untuk mengelola laboratorium secara optimal supaya fungsi laboratorium berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku pedoman praktikum mata kuliah manajemen laboratorium biologi SMA supaya mahasiswa memiliki panduan untuk mengelola laboratorium biologi SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Buku Pedoman Praktikum Manajemen Laboratorium khususnya untuk laboratorium biologi SMA memiliki tiga topik praktikum yaitu inventarisasi peralatan laboratorium biologi SMA, penggunaan dan perawatan mikroskop cahaya serta pengenalan bahan kimia di laboratorium biologi. Hasil uji validitas dari ahli materi memiliki skor 3.7; ahli Bahasa memiliki skor 3.3 dan ahli desain memiliki skor 3.7 dari ketiga validator ahli mendapatkan skor 3.00-4.00 yang artinya Buku Pedoman Praktikum Manajemen Laboratorium sangat valid dan layak untuk digunakan.

Keywords

Buku Pedoman Praktikum, Manajemen Laboratorium

Full Text:

PDF

References

Budimarwati. (2023). Pengelolaan alat dan bahan di laboratorium kimia. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131877177/pengabdian/Pengelolaan+alat+dan+bahan+di+laboratorium+kimia.pdf

Dharmono, Mahrudin, & Irianti, R. (2022). KELAYAKAN BUKU ILMIAH POPULER TUMBUHAN RAWA SEBAGAI NICHE IKAN DALAM MELATIHKAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 7(April), 1–7.

Hofstein, A. V. I., & Lunetta, V. N. (2003). The Laboratory in Science Education : Foundations for the Twenty-First Century. Science Education, 88(1), 28–54. https://doi.org/10.1002/sce.10106

Jannah, N. A. (2020). Modul Pengelolaan Laboratorium. UIN Raden Intan Lampung.

Muhidin, A., & Faruq, U. Al. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI PERGURUAN TINGGI. UNPAM PRESS.

Raharjo, & S.Harjanto. (2017). Penanganan Alat Dan Bahan Yang Baik Dalam Rangka Menunjang Kegiatan Di Laboratorium Kimia. Metana, 13(2), 58–60. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/metana/article/view/18017

Rahmawati, K. (2011). Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Biologi.

Resnatika, A., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(2), 183–196.

Suwirmen, Rahayu, R., Alamsjah, F., & Febria, F. A. (2017). RPS MANAJEMEN LABORATORIUM. Universitas Padang Andalas.

Trasmini, W. S., Sunarto, D., & Ariyanti, N. A. (2021). KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI LABORATORIUM BIOLOGI. Syntax Idea, 3(12), 2768–2773.

Utami, N. H., & Halang, B. (2021). RPS Manajemen Laboratorium. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Vendamawan, R. (2015). Pengelolaan Alat dan Laboratorium. Metana, 11(02), 41–46.

Wahyuni, S. (2013). Pengembangan buku panduan praktikum teknik laboratorium ii untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen. Saintifika, 15(2), 176–18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.