UJI KELAYAKAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI ISLAM

Nila Masnuri Yunita, Sofyan Anif, Sabar Narimo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan karakteristik modul berbasis inkuiri terintegrasi islam, (2) mengtahui kelayakan modul berbasis inkuiri terintegrasi islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau  riset and development  dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari observasi, dokumen, angket dan test. Teknis analisis data yang digunakan dengan menggunakan formula Aiken untuk menganalisis penilaian  modul oleh 12 validator ahli dan 4 guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri terintegrasi islam layak digunakan dan dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Hasil perhitungan Aiken nilai kelayakan isi materi 87.56%, kelayakan materi islam 90.48%, kelayakan bahasa sebesar 90.28%, dan kelayakan media 87.78%. Modul juga divalidasi oleh guru biologi dengan 4 guru. Hasil hitungan Formula Aiken V untuk menguji kevalidan modul dengan 4 validator  guru dengan skala penilaian 1-4 yaitu 0,95. Karena hasil perhitungan Aiken V lebih besar dari tabel (0,95 > 0,92) maka validasi terhadap modul dinyatakan valid dan layak digunakan.

Keywords

modul, inkuiri, modul islami

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Z. (2021). Development of a Biology Learning Module Integrated with Islamic Values to Improve Environmental Care Character. Hikmatuna, Jurnal for Integrative Islamic Studies, 7(1), 17–30.

Alvia, H., Widowati, H., & Lepiyanto, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Problem Solving Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam. Bioedukasi, 11(1), 83–90.

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Ardhita, T. D., Zahara, R., & Ilyas. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa DAlam Mata Pelajaran Ekonomi. 5(2), 144–152.

Assyauqi, M. I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Digital Untuk Anak Berusa Dini. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 23–32. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654.

Astuti, A. P., Nurmalita, A., & Doni, rohma F. (2014). Teknologi komunikasi dan perilaku remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 91–111.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Bashooir, K. (2018). Validitas dan Realibititas Intrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pembelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Farihah, U., & Septiadi, D. D. (2019). The development of natural science learning material integrated with islamic values to attract santris’ interest in learning the human digestive system. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012049

Handoyono, N. A. (2016). PENGARUH INQUIRY LEARNING DAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKKR DITINJAU DARI THE EFFECT OF INQUIRY LEARNING AND PROBLEM-BASED LEARNING ON THE LEARNING OUTCOMES OF REPAIRING AUTOMOTIVE ELECTRICAL SYSTEM IN. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 31–42. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Hasibuan, A., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Islami Materi Hak dan Kewajiban terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDS Muhammadiyah 32 Medan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.322

Juita, D., M, Y., & Alwis, A. (2020). Development of Physics Modules Based on Integrated Concepts of Islamic Values on Particle Dynamics Material. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1). https://journal.uhamka.ac.id/index.php/omega/article/view/5023

Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2019). The Effectiveness of Using the Islamic Integration Module on the Critical Thinking Ability of Madrasah Ibtidaiyah Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 180. https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i2.1780

Madiniah, S., & Noviar, D. (2016). Model Guided Inquiry Berbasis Scientific Approach dalam Pembelajaran IPA Biologi Siswa SMP N 14 Yogyakarta. 4(1), 1–6.

Maulidatul, H. A., Ismail, & Mukhlishoh, S. S. (2019). Pengembangan Modul Biologi Benilai Islami Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Bioeduca : Journal of Biology Education, 1(65), 18–28.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Ratih, K., Fahmi Johan Syah, M., Jarin, S., & Buckworth, J. (2021). Learning Patterns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Efforts and Challenges in the Adjustment of Progressive Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 3(3), 180–193. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i3.15151

Yuhana, Y., Maridi, M., & Dwiastuti, S. (2020). Inquiry-Learning-Based module: Improving students’ critical thinking skills in anatomy structure and bacteria physiology materials. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 341–346. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.11026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.