Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Kelas X SMAN 12 Pekanbaru

Eko Destiranda

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran tematik kelas X.2 SMAN 12 Pekanbaru. Sebesar 39,5% peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya variasi dalam penggunaan model serta pendekatan yang tidak sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati Melalui Melalui Model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching Kelas X Semester 1  SMAN 12 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2023/2024” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X.2 SMAN 12 Pekanbaru yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada materi Keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I  persentase ketuntasan peserta didik yaitu 43,75%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 75%, dan siklus III yaitu 90,62%. Disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan pendekatan culturally responsif teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Keanekargaman Hayati kelas X SMAN 12 Pekanbaru.

Keywords

Culturally responsive teaching, Hasil belajar, Problem based learning

Full Text:

PDF

References

Agnes Juniar Arrozaqu dan Beni Setiawan. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif. Journal of Science Education. 6(3):674-681

Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, & Practice. New York: Teachers College Press.

Sri Giarti dan Riani Putri Utami. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. JurnalUniversitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. 3(1): 1-8

Yahya Hairun. (2020). Evaluasi dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Refbacks

  • There are currently no refbacks.