Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning Terintegrasi Role Play untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432.
Bunt, B., & Gouws, G. (2020). Using an artificial life simulation to enhance reflective critical thinking among student teachers. Smart Learning Environments, 7(12), 1–19. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00119-6
Daniati, N. (2018) Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan. Thesis, Universitas Negeri Padang.
Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Disposition And Abilities. University of Illinios.
Faiz, A., Anis P., & Imas K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fitri, M., Putri Y., & Maimunah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmu Pendidikan,35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jufriadi, A. et.al. (2022) Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-53. https://doi:10.24832/jpnk.v7i1.2482
Nadiyah. F., & Feri T. (2023) Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 25-36. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX
Nastiti, F. E., & Aghni R.N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL Abstrak. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nurhasanah,I.A (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611-620.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.
Rahmadani, D., & Yulhendri. (2022). Pengaruh Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Critical Thinking Siswa Kelas XI Ekonomi DI SMAN 8 Padang. Jurnal Salingka Nagari, 1(2), 233-242.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti pemula. Bandung. Alfabeta.
Rohmah, F. A., & Nurita, T. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Getaran dan Gelombang. Pensa E-Jurnal:Pendidikan Sains, 5(3), 222–225.
Rokhmah, Z., Janah, N., & Fitriyah, I. J. (2023). Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Role Play Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Solikhin , M., & Fauziah, A N .M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pelajaran IPA saat pembelajaran daring selama pandemi COVID 19. Pensa E Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 89-93.
Spector, J. M., & Ma, S. (2019). Inquiry and critical thinking skills for the next generation : from artificial intelligence back to human intelligence. Smart Learning Environments, 6(8), 1–11 https://doi.org/10.1186/s40561-019-0088-z
Vong, S. A., & Kaewurai, W. (2017). Instructional model development to enhance critical thinking and critical thinking teaching ability of trainee students at regional teaching training center in Takeo province , Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 88–95. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.05.002
Refbacks
- There are currently no refbacks.