Peningkatan Aktivitas Belajar Biologi melalui Penerapan Discovery Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati Fase E

Ihrom Rosyadi, Sri Dwiastuti, Karjo Karjo

Abstract

Aktivitas belajar merupakan fundamental dari proses pembelajaran yang dapat menghasilkan perubahan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi dengan penerapan Discovery Learning pada materi keanekaragaman hayati kelas 10. Subjek yang digunakan adalah fase E 1 dengan jumlah total 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan deskripsi kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi selama mengajar dan juga angket aktivitas belajar serta hasil belajar. Hasil dari penelitian ini aktivitas belajar meningkat dari siklus I yang semula 74,44% menjadi 78,02% atau meningkat sebesar 3,58%. Tiap-tiap aspek aktivitas belajar juga meningkat. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,43% menjadi 94,71% atau meningkat sebesar 23,28%. Kesimpulannya aktivitas belajar meningkat seiring dengan pemberian perlakuan dan termasuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar yang meningkat berpengaruh juga terhadap hasil belajar yang juga meningkat.

Keywords

Aktivitas belajar, Penelitian tindakan kelas, keanekaragaman hayati, Fase E

Full Text:

PDF

References

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasmiati, H., Jamilah, J., & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35.

Hoirina, Afifah, N., & Dahlia. (2015). Analisis Aktivitas Belajar Biologi Siswa dengan menggunakan Media Gambar Kelas VII SMP Negeri 3 Rambah Samo Tahun Pembelajaran 2014/ 2015. e-Jurnal Mahasiswa Prodi Biologi, 1 (1), 1-4.

HUTAPEA, S. R. (2022). Upaya meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar biologi di kelas X SMAN 6 Kota Jambi melalui model kooperatif tipe jigsaw. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(1), 52-58.

Laksmi, P. K. (2011). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 10 Semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.

Nawawi, S., & Anggreiny, G. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 157-166.

Nurhidayati, S., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan, 14(3), 285-294.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendektan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (3), 241-250.

Rosba, Evrialiani. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share yang disertasi LKS pada Mata Pelajaran IPABiologi Kelas VIIA SMP Taman Siswa Padang. Jurnal BioCONCETTA, 1 (2), 26- 38.

Rosiana, K. Y., & Margiati, S. H. (2012). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1), 1-10.

Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 9 (2), 134-147.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.