PENERAPAN METODE “ACTIVE LEARNING” UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MAHASISWA PRODI P. BIOLOGI FKIP UNS

Rusnaini Rusnaini

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan metode active learning dapat meningkatkan minat mahasiswa semester II prodi P. Biologi FKIP UNS tahun ajaran 2008/2009.

Hasil penelitian membuktikan bahwa pada pada siklus I prosentase rata-rata nilai kognitifnya 73,45% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,60%, sedangkan nilai afektif yaitu perhatian mahasiswa pada saat pembelajaran yang diperoleh dari hasil pengisian angket perhatian mahasiswa pada siklus I yaitu 61,72% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83, 80%. Terjadinya peningkatan ini dipengaruhi oleh penerapan metode active learning. Penggunaan metode ini membuat mahasiswa lebih tinggi tingkat pengetahuan dan pemahaman terhadap materi pembelajaran atau materi kuliah karena mahasiswa diwajibkan untuk mencari materi dari berbagai sumber belajar, melakukan diskusi partisipatif dan juga dituntut untuk rnemberikan penilaian, penerimaan, dan penanggapan terhadap pendapat mahasiswa lain.

Proses pembelajaran dengan menerapkan metode active learning pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada prosentase rata-rata kelas tiap siklus yaitu sebagai berikut: hasil pengisian angket afektif minat belajar mahasiswa siklus I 65,50% dan siklus II 85,30%, untuk tes evaluasi siklus I 77,20% dan siklus II 86,75%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.