MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERJANGKA BERWAWASAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY PADA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIPURNO TAHUN 2009

Slamet Riyadi

Abstract

ABSTRAK

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah terjadi pergeseran struktur program dan pendekatan pembelajaran dari bentuk konvensional ke bentuk yang adatif,  keatif, inovatif,efektif, menyenangkan dan bermakna.

Untuk mencapai sasaran tersebut pembelajaran IPA khususnya biologi tidak mungkin hanya dipandang sebagai sosok pengetahuan verbal abstrak sehingga siswa hanya diarahkan sebagai kolektor temuan ahli biologi. Untuk itu pengalaman empiris sebagai subyek belajar sangat diperlukan sehingga pemaharnan siswa harus mereka bangun sendiri dengan situasi dan strategi yang didesain oleh guru sebagai fasilitator.

Rumusan rnasalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : apakah pendekatan pembelajaran berjangka berwawasan SETS (Science Environment Tehnology and Society) dapat meningkatkan prestasi belajar biologi kelas IX A SMP Negeri 2 Jatipurno Tahun 2009?

Tujuan penelitiaan tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan prestasi belajar biologi kelas IX A SMP Negeri 2 Jatipurno Tahun 2009, (2) menyajikan proses pembelajaran yang adaptif, inovatif, kreatif efektif menyenangkan dan bermakna, (3) melaksanakan pendidikan kecakapan hidup (life skill education) dan pendidikan berbasis masyarakat. Cara pemecahan masalah yang di tawarkan dalam proses pembelajaran ini adalah : (1) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berjangka berwawasan SETS, (2) Sedangkan langkah-langkah kegiatan dalam pelaksanaan PTK ini direncanakan empat siklus meliputi : (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, (d) refleksi.

Dari seluruh rangkaian kegiatan menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran berjangka berwawasan SETS dapat : (1) rneningkatkan prestasi belajar biologi kelas X A SMP Negeri 2 Jatipurno Tahun 2009, (2) rnenyajikan proses pembelajaran yang dinamis, kreatif, inovatif,  efektif, menyenangkan dan bermakna, (3) rnelaksanakan pendidikan kecapan hidup (life skill education) dan pendidikan berbasis masyarakat.

Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Berjangka berwawasan SETS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.