MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Joko Dwi Suranto

Abstract

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jatiroto dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas VII A Tahun Pelajaran 2008/2009 yang jumlahnya 40 siswa terdiri dari 20 siswa laki - laki dan 20 siswa perempuan. Desain penelitian dengan teknik analisis antar kasus (crossite analysis) dengan model analisis interaktif antar siklus.

Kondisi awal yang ada pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jatiroto Tahun Pelajaran 2008/2009 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kondisi awal Penelitian didapatkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi pengelolaan lingkungan hanya 20 siswa dari 40 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi di atas KKM (50%), sedangkan 20 siswa (50%) hasil belajarnya pada materi pengelolaan lingkungan di bawah KKM, berarti materi pelajaran hanya dapat terserap siswa 50%, sedangkan 50% siswa belum tuntas maka guru perlu mengadakan perbaikan rnodel pembelajaran.

Berdasarkan hasil pengamatan supervisor dan hasil evaluasi belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siklus pertama dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam kelompok besar ada 40 siswa (100%) dari 40 siswa prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam di atas atau sama dengan KKM Ilmu Pengetahuan Alam yaitu 70 dengan rata-rata kelas 77,75. Jika dibandingkan dengan kondisi awal tingkat penguasaan materi pelajaran ada peningkatan 50% (kondisi awal 50 % siswa tuntas, siklus I 100 % siswa tuntas).

Sedangkan pada siklus II dengan penerapan model pernbelajaran PBL dalam kelompok kecil, hasil yang yang didapatkan sudah banyak kemajuan yang didapat dari proses perbaikan pembelajaran, hal ini dapat diketahui dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas adalah 40 siswa dari 40 siswa (100% tuntas ). Hal ini sebagai pertanda bahwa siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jatiroto purya minat belajar yang tinggi dan dengan penggunaan model pembelajaran sangat tepat dengan materi yang diajarkan, punya keberanian mengungkapkan gagasannya secara realistis serta penguasaan terhadap materi pembelajaran pengelolaan lingkungan menjadi lebih baik. Dibandingkan dengan siklus I, untuk siklus II dari siklus I untuk kemajuan penguasaan materi adalah 100 % dengan rata - rata kelas 77,7 5 ( Siklus I 100% materi dapat terserap 100% , pada siklus II menjadi 100% dengan rata-rata kelas 95,5 ).

Berdasarkan hasil penelitian yang diungkap dengan alat pengumpul data berupa tes, observasi, dan dokumentasi dapat dikemukakan kesimpulan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetaluan Alam Kelas VII A SMP Negeri 2 Jatiroto Tahun Pelajaran 2008/2009.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.