PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAGI SISWA KELAS IV SDN 9 BOYOLALI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROSES
Abstract
ABSTRAK
Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat diperlukan karena siswa dapat berlatih dan mengembangkan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara lisan maupun tulisan dalam berbagai kebutuhan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para siswa kelas IV SDN Boyolali 9 dalam menulis narasi (cerita) melalui penerapan pendekatan proses.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroorn, Action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi identifikasi permasalahan yang ada di kelas, perencanaan tindakan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan tindakan berupa log pembelajaran, observasi dan evaluasi, serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 9 Boyolali sejumlah 20 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, penyebaran angket dan tes. Analisis data secara deskriptif kualitatif.
Bertitik tolak dari tindakan yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita (narasi) bagi siswa kelas IV SDN Boyolali 9 dapat dilakukan dengan metode pendekatan proses yaitu tahap pra menulis, menulis draf, revisi, menyunting dan unjuk kera. Untuk mencapai hasil yang mendekati sempurna, hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang. Pengamatan setiap tahap kegiatan sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan penetapan rencana pada tahap berikutnya.
Kata kunci : Keterampilan proses, narasi, bahasa Indonesia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.