MIND MAP AS ALTERNATIVE TO DEVELOPING DESIGN MODEL OF BIOLOGY INSTRUCTION BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCE

Suciati Suciati

Abstract

ABSTRAK

Belum optimalnya hasil belajar dan prestasi siswa dalam mata pelajaran biologi mengindikasikan bahwa masih rendahnya kemampuan siswa dalam memaharni konsep-konsep biologi dikarenakan siswa masih mengalami hambatan dalam belajar. Meski pengembangan strategi pembelajaran biologi melalui penerapan berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif telah banyak dilakukan oleh guru, namun hasilnya cenderung belum efektif. Rendahnya efektivitas inovasi pengembangan rancangan model pembelajaran biologi umumnya mengabaikan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mengacu pada pengembangan potensi peserta didik secara optimal seperti yang diamanatkan dalam KTSP 2006.

Kecerdasan multiple intelligence merupakan potensi yang dimiliki peserta didik meliputi kecerdasan: logika matematika, linguistik (bahasa), spasial (ruang/bidang), kinestetik, musikal, interpersonal, dan intrapersonal, naturalis dan eksistensial selama ini belum banyak dikembangkan dalam pembelajaran. Oleh karenanya dapat dijadikan alternatif dalam pembuatan rancangan model pembelajaran biologi.

Mind Map merupakan petrbelajaran inovatif yang selain memiliki beberapa karakteristik keunggulan yang sangat relevan dengan pembelajaran biologi, juga memungkinkan untuk dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan multiple intelligence peserta didik. Oleh karenanya kepada guru biologi perlu memahami mekanisme kerja otak dalam melakukan pemrosesan Informasi ketika belajar untuk acuan dalam membuat rancangan model perrrbelajaran biologi yang efektif sebagai solusi terhadap hambatan peserta didik dalam memahami konsep-konsep biologi agar hasil belajar dapat lebih optimal.

Kata kunci: Rancangan model pembelajaran biologi, multiple intelligence, Mind Map, kualitas pembelajaran, profesionalisme guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.