IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA KULIAH TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI DI PRODI BIOLOGI UNESA

Wisanti Wisanti, Novita Kartika Indah, Eva Kristinawati Putri

Abstract

Pembelajaran berbasis portofolio diterapkan pada mk Taksonomi Tumbuhan Tingi (TTT) bertujuan untuk mendokumentasikan dan merefleksikan hasil belajar yang telah dicapai mahasiswa. Kompetensi utama yang harus dicapai oleh mahasiswa yang memprogram mk TTT adalah ketrampilan deskripsi, identifikasi dan klasifikasi yang dituangkan dalam karya taksonomi. Untuk itu yang dinilai adalah portofolio produk berupa  karya monografi, sheet herbarium, media presentasi dalam bentuk slide power point atau pamer foto. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh berupa penilaian portofolio proses penyusunan karya monografi, penilaian karya monografi, dan penilaian karya terbaik yang dipilih mahasiswa serta respons mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di prodi Biologi angkatan 2012 pada semester genap TA 2013/2014. Mahasiswa menyusun tugas untuk portofolio selama 6 minggu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis portofolio efektif diimplementasikan pada mk Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan data setelah pembelajaran berbasis portofolio, mahasiswa prodi Biologi dapat menghasilkan monografi dengan kategori penilaian baik sebesar 59.09%, , kategori sangat baik sebesar 22, 73 %; ; 76% mahasiswa telah melaksanakan tahapan menyusun portofolio dengan baik; 100% self evaluation, peer evaluation dan feedback evaluatin berkorelasi sangat baik.; dan 88,8% mahasiswa memberikan respons baik terhadap pembelajaran berbasis portofolio. 

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis portofolio, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, monografi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.