PEMANFATAAN LABORATORIUM VIRTUIL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELUKIS BAYANGAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI MODEL TERPADU BOJONEGORO
Abstract
ABSTRAK
Tujuan belajar Fisika melalui kegiatan percobaan dengan menggunakan laboratorium dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses siswa. Namun ketiadaan laboratorium atau keterbatasan alat untuk percobaan membuat guru jarang melakukan pembelajaran melalui kegiatan percobaan. Akan tetapi pada saat ini teknologi telah berkembang cukup pesat, percobaan tidak lagi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan laboratorium namun dapat digantikan dengan menggunakan laboratorium virtuil melalui komputer.
Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melukis bayangan serta meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Metode penelitan berupa penelitiantindakan kelas selama tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas selama 3 siklus yang telah dilakukan di Kelas VIII B SMP Negeri Model Terpadu dengan menggunakan Laboratorium Virtuil menunjukkan peningkatan prestasi siswa. Dari hasil data penelitian maka dapat disimpulkan 1) Dengan menggunakan Laboratorium Virtuil rata-rata kemampuan siswa dalam melukis bayangan benda dapat ditingkatkan sampai 38 %. 2) Laboratorium Virtuil dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dari 52 % menjadi 86 % .
Kata Kunci: Laboratorium virtuil, kemampuan melukis bayangan, ketuntasan belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.