PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY DAN MODIFIED INGUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

Widodo Widodo

Abstract

ABSTRAK

 

Pembelajaran biologi di kelas VII SMP N 2 Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri belum optimal disebabkan guru masih mendominasi proses pembelajaran dan kurang memberikan kesempaatan  kepada siswa untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupaan sehari-hari. Guru perlu mengubah penggunaan model pembelajaran agar prestasi belajar siswa meningkat.  Penggunaan model pembelajaran biologi harus sesuai dengan hakikat pembelajaran yang mengacu pada proses, produk dan sikap ilmiah serta karakteristik materi pembelajaran yang menekankan keterampilan proses sains.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan Guided Inquiry dan modified inqyury terhadap prestasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan bulan Juli-Desember 2011. Populasi semua siswa kelas VII SMPN 2 Tirtomoyo Wonogiri. Sampel penelitian diambil dengan metode cluster random sampling terdiri dari 2 kelas.  Kelas eksperimen 1 menggunakan PBM dengan Guided Inquiry terdiri dari 32 siswa dan kelas  eksperimen 2 menggunakan PBM dengan modified inquiry terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar kognitif dan teknik observasi untuk data prestasi belajar sfektif dan psikomotor.  Analisis data menggunakan uji Anava menggunakan software komputer SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi kognitif, afektif dan psikomotor  lebih tinggi pada PBM dengan Guided Inquiry (rata-rata 84,31; 83,13; 81,19) dibandingkan PBM dengan modified inquiry (rata-rata 77,97; 79,01; 77,01).

 

Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah, Guided Inquiry, modified inquiry, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.