KREATIVITASMAHASISWA DALAM MENGOLAH BAHAN PANGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MIKROBIOLOGI PANGAN DAN INDUSTRI

Baiq Fatmawati

Abstract

ABSTRAK

 

Sumber daya alam merupakan komponen-komponen di alam yang bersifat dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbahurui adalah jenis hewan dan tumbuhan sedangkan yang tidak dapat diperbaharui adalah tanah, air, udara, dan mineral.Kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif, dalam proses tersebut melibatkan keterampilan kognitif, afektif dan psikomotorik yang dapat menghasilkan ide-ide baru,  atau menggabungkan ide-ide yang sudah ada. Ide-ide tersebut dimulai dari timbulnya permasalahan, melakukan observasi, menghubung-hubungkan (asosiasi) hasil observasi dengan fakta yang ada, memilih solusi alternatif yang telah dibuat, dan melakukan sebuah percobaan untuk menguji ide-ide sehingga menjadi sebuah kombinasi ide yang baru dan tercipta produk baru. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalambelajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry)yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks sertatugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dalam mengolah sumber bahan pangan yang ada di sekitar lingkungan mereka melalui pembelajaran berbasis proyek. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi semester V (n=34). Instrumen penelitian berupates berpikir kreatif. Desain penelitian menggunakansingle-group design yaitu One-Group Pretest-Postest Design. Analisis data dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Kreativitas mahasiswa dalam mengolah bahan pangan dapat dilihat dari pemberian nama produk dan kebaruan bahan dasar pembuatan produk fermentasi.

 

Kata kunci:  kreativitas, Pembelajaran Berbasis Proyek, mikrobiologi pangan dan industri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.