PEMBERDAYAAN KECAKAPAN BERPIKIR KREATIF DENGAN ASESMEN PORTFOLIO PADA PERKULIAHAN EVALUASI HASIL BELAJAR BIDANG STUDI (EHB) BIOLOGI

Suratno Suratno

Abstract

ABSTRAK

 

Asesmen portofolio adalah asesmen yang dilakukan untuk mengetahui kompetensi seseorang. Asesmen harus dapat mengungkapkan seoptimal mungkin kelebihan setiap individu, oleh karenanya asesmen harus berpusat pada pebelajar. Tujuan penelitian adalah mengungkap tentang pemberdayaan kecakapan berpikir kreatif khususnya pada perkuliahan evaluasi hasil belajar bidang studi Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan  desain penelitian   Pretest-Postest Non equivalent Control Group Design. Data kecakapan berpikir kreatif dianalisis dengan analisis kovarian Analisis kovarian dilakukan dengan SPSS for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen portofolio dapat memberdayakan kecakapan berpikir kreatif secara signifikan pada perkuliahan EHB mencakup aspek: (1) fluency (2) flexibility, (3) originality, dan (4) elaboration.

 

Kata Kunci : berpikir kreatif, portofolio,  EHB Biologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.