APLIKASI MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) BERBASIS LOCAL WISDOM SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Runtut Prih Utami, Dian Noviar, Erdiana Hesty Agustina

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kreativitas berpikir siswa dan hasil belajar biologi siswa kelas XA MA Ibnul Qoyyim Putri melalui aplikasi model VCT (Value Clarification Technique) berbasis Local Wisdom pada materi Objek dan Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan model VCT (Value Clarification Technique) berbasis Local Wisdom pada materi Objek dan Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan. Local Wisdom dalam penelitian ini adalah kearifan lokal di lingkungan siswa (sekolah/Madrasah,  pondok, dan masyarakat).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan oleh peneliti secara kolaboratif dengan guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu instrumen pelaksanaan pembelajaran (terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan Hand Out) dan instrumen pengambilan data (terdiri dari tes hasil belajar, tes kreativitas berpikir siswa dan angket tanggapan siswa). Analisis data kreativitas berpikir siswa dilakukan dengan statistik deskriptif dengan teknik prosentase, sedangkan data hasil belajar dilakukan dengan membandingkan rerata tes pada siklus 1 dan siklus 2. Untuk mengetahui adanya peningkatan dilakukan dengan teknik effet size.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian tindakan yang telah dilakukan: (1) Terjadi peningkatan kreativitas berpikir siswa kelas XA MA Ibnul Qoyyim Putri melalui aplikasi model VCT berbasis Local Wisdom pada materi Objek dan Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan pada penelitian tindakan ini dengan nilai selisih atau effect size sebesar 13,05; (2) Terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XA MA Ibnul Qoyyim Putri melalui aplikasi model VCT berbasis Local Wisdom pada materi Objek dan Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan pada penelitian tindakan ini dengan nilai selisih atau effect size sebesar 13,71; dan (3) Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan model VCT berbasis Local Wisdom pada materi Objek dan Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan. Hal ini didukung dengan terjadinya peningkatan skor tanggapan siswa pada siklus I sebesar 9,9 mengalami peningkatan sebesar 11,3 pada siklus II.

 

Kata Kunci : VCT (Value Clarification Technique), Local Wisdom, Kreativitas Berpikir, dan Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.