KAJIAN BIOLOGI MOLEKULER PERAN ESTROGEN /FITOESTROGEN PADA METABOLISME TULANG USIA MENOPAUSE

Nurul Mahmudati

Abstract

ABSTRAK

 

Tahun 2015 diperkirakan jumlah wanita usia menopause di Indonesia  mencapai lebih kurang 24 juta orang. Lebih kurang 35% osteoporosis dan 50% osteopenia. Osteoporosis  merupakan salah satu penyakit degeneratif yang belakangan menjadi masalah di Indonesia sebagai efek peningkatan usia harapan hidup.

Osteopororosis menurut WHO adalah penyakit metabolisme tulang dengan ciri  pengurangan kepadatan  tulang (T score < -2,5) yang mengarah pada terjadinya fragilitas tulang sehingga meningkatkan risiko patah tulang Metabolisme  tulang melibatkan banyak faktor, namun demikian  estrogen merupakan salah satu faktor yang cukup potensial  terhadap  pengaturan  kepadatan tulang  pada perempuan demikian juga pada laki-laki, namun demikian mekanisme peran estrogen dalam memempengaruhi kepadatan tulang belum banayak diungkap.

Kajian ilmiah ini bertujuan  untuk mengungkap kejelasan mekanisme aksi biologi estrogen/fitoestrogen  pada metabolisme tulang dalam mempengaruhi kepadatan tulang atas dasar pendekatan biologi molekuler.

Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi informasi  tentang bagaimana peran estrogen/fitoestrogen dalam mempengaruhi kepadatan tulang pada umumnya dan menjadi tambahan wawasan untuk  menyiapkan bahan ajar  Endokrin  untuk sekolah menengah maupun perguruan tinggi.

 

Kata kunci: Estrogen, metabolism tulang, kepadatan tulang, osteoporosis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.