INTEGRASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI TAHUN AKADEMIK 2009/2010

Bowo Sugiharto, Baskoro Adi Prayitno, Suciati Suciati

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan pembelajaran yang mengintegrasikan pendekatan konstruktivisme dalam model problem based learning berbasis kooperatif pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi.

Sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS pada semester genap tahun akadamik 2009/2010. Subjek penelitian adalah 48 mahasiswa semester IV kelas A yang menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi. Variabel masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi, sedangkan variabel tindakannya adalah penerapan pembelajaran yang mengintegrasikan Pendekatan Konstruktivisme dalam Model Problem Based Learning Berbasis Kooperatif. Tindakan ini dirumuskan dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari pembentukan kelompok kooperatif, orientasi masalah, kerja kelompok, konstruksi pengetahuan, diskusi kelas, dan finalisasi proyek. PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Target dari penelitian ini adalah rata-rata nilai uji kompetensi mahasiswa sebesar 85.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai uji kompetensi yaitu sebesar 82,92 pada siklus I, 84,44 pada siklus II, dan 85,15 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kompetensi mahasiswa dapat ditingkatkan dengan pembelajaran yang mengintegrasikan pendekatan konstruktivisme dalam model problem based learning berbasis kooperatif pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi.

 

Kata kunci: kompetensi mahasiswa, integrasi pendekatan konstrtuktivisme dalam PBL berbasis kooperatif, Strategi Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.