PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS 8 SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 12 KOTA MAGELANG

Sari Hartati, Suciati Sudarisman

Abstract

ABSTRAK

 

Prestasi belajar biologi kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Magelang belum optimal disebabkan guru masih bersifat teacher oriented dan cenderung mengajar secara konvensional. Guru perlu mengubah penggunaan model pembelajaran agar prestasi belajar peserta didik meningkat. Pengembangan model pembelajaran biologi harus sesuai dengan hakikat pembelajaran (mengacu pada proses, produk, dan sikap ilmiah) dan karakteristik materi pelajaran dengan menekankan keterampilan proses sains.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar pada materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia.

Penelitian ini menggunakan metode pengamatan, dan eksperimen. Populasi pene-litian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Magelang tahun pelajaran 2010-2011. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 164 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT). Sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar peserta didik, khususnya aspek kognitif. Test prestasi belajar berupa ulangan harian. Data uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan program Anatest V 4.0.9 dan uji hipotesis penelitian ini digunakan Anava dengan bantuan program Minitab 15.

Hasil penelitian didapatkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT terhadap prestasi belajar  pada materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia, dengan rerata nilai TPS 71,6 lebih tinggi dibanding NHT 67,3.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Share, Tipe Numbered Head Together, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.