PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG MENGKUDU (Morinda citrifolia L) DALAM RANSUM TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL DAGING AYAM BROILER STRAIN HUBBARD

Endang Setyaningsih

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung mengkudu (Morinda citrifolia L) dalam ransum terhadap penurunan kadar kolesterol daging dada ayam broiler strain hubbard. Tujuan lain penelitian ini yaitu untuk mengetahui pada taraf berapa persenkah penambahan tepung mengkudu dalam ransum ini yang dinilai paling maksimal.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pola rancangan acak lengkap (RAL). Populasi dalam penelitian adalah ayam broiler strain hubbard dan sebagai sampel penelitian adalah 25 ekor ayam broiler strain hubbard. Dua puluh lima ekor ayam terbagi dalam 5 kelompok dengan perlakuan penambahan tepung mengkudu dalam ransum sebesar 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, dan 10%. Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu. Parameter yang diukur adalah kadar kolesterol daging dada ayam broiler strain hubbard. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis varian satu jalur (ANAVA) untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung mengkudu dalam ransum terhadap kadar kolesterol daging ayam broiler dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk mengetahui adanya perbedaan rerata antara kelompok perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan program Software SPSS Versi 10.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung mengkudu dalam ransum dapat menurunkan kadar kolesterol daging dada ayam broiler strain hubbard pada perlakuan PI (0,3489 mgr/gr), PII (0,3128 mgr/gr), PIII (0,2873 mgr/gr), PIV (0,2611 mgr/gr), dan PV (0,2232 mgr/gr). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dosis penambahan tepung mengkudu dalam ransum yang dinilai paling maksimal dalam menurunkan kadar kolesterol daging dada ayam broiler strain hubbard adalah pada taraf 10% dari total ransum.

Kata kunci : Mengkudu, Kolesterol dan Daging

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.