Assessment For Learning (AFL) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi

Sri Maryanti, Sri Hartati, Dede Trie Kurniawan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengimplementasikan produk desain penilaian peserta didik di jenjang sekolah menengah yang diinterasikan dengan teknologi digital wordwall untuk pembelajaran biologi dengan format assessment for learning (AFL). Pada penelitian ini produk desain assessment for learning (AFL) yang dikembangkan melalui aplikasi wordwall  mampu mendukung pembelajaran biologi. Penelitian deskriptif focus pada produk desain assessment for learning (AFL) berbantu aplikasi wordwall. Produk AFL tersebut mencakup seluruh materi Sekolah Menengah baik tingkat SMP/ MTs dan SMA / MA yang kemudian diimplemetasikan untuk cara pembuatannya kepada sejumlah mahasiswa calon guru biologi. Pada artikel ini Penulis menguraikan bagaimana proses pembuatan dan produk AFL melalui wordwall konten pembelajaran biologi sekolah menengah dan implementasinya saat disampaikan ke melalui workshop pemanfaatan AFL melalui aplikasi wordwall kepada 48 Mahasiswa calon guru Biologi. Berdasarkan penjaringan data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa AFL Pembelajaran biologi dengan aplikasi wordwall, baik dan dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di sekolah menengah. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan suatu alternatif pendekatan pembelajaran secara integrative pada pembelajaran biologi melalui pemanfaatan AFLmelalui wordwall untuk pembelajaran pasca pandemic covid-19 yang secara tidak sadar masih tetap harus menintegrasikan dengan teknologi.

Keywords

Assessment For Learning, wordwall, High Schools Biology Learning

Full Text:

PDF

References

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6): 3691.

Gathuri, J. W., Luvanda, A., Matende, S., & Kumundi, S. (2014). Impersonation challenges associated with e-assessment of university students. Journal of Information Engineering and Applications, 4 (7), 60-68.

Hasram, S., N., M Khalid, Maslawati, Mohamad, Daud, Md. Y., Rahman, M. J. A. dan R., Wan Muna. (2021). The Effects of WordWall Online Games (WOW) on English Language Vocabulary Learning Among Year 5 Pupils. Theory and Practice in Language Studies, 11 (9): 1059-1066.

Khosiyono, Banun Havifah Cahyo. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish

Nissa, Siti Faizatun dan Novida Renoningtyas. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 3(5): 2859.

Rosdiani, L. M., & Dkk. (2021). Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall untuk Guru di Kelurahan Keraton, 2(2), 247.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru Sd IT Al-Kahfi, 4(4), 195.

Septyadi, Dwijantoro Buntomo. (2021). White Sand: Kumpulan Artikel Ilmiah Pembelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Jawa Tengah: Lakeisha.

Shiddiq, Jamaluddin. (2021). Inovasi Pemanfaatan Word-Wall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5 (1): 155.

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisiplinan Melalui Media Pembelajaran Wordwall dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitia. Bandung: PT remaja rosdakarya

Sumanto. (1990). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan sumanto. Bumi Aksara.

Sun`iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Berorientasi Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI di Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 7(1), 5.

Volante, L & Fazio, X. (2007). Exploring teacher candidates’ assessment literacy: Implications for teacher education reform and professional development. Can. Journal of Education 30, 3 : 749-770.

Yuberti. (2014). "Penelitian Dan Pengembangan" Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. [Online]. Tersedia: http://ejournal.radenintan. ac.id/index.php/ al-biruni/article/download/69/62. [25 Oktober 2020].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.