Penyusunan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Ekosistem SMA Kelas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instrumen tes Higher Order Thinking Skill pada materi ekosistem yang akan diujikan pada siswa SMA kelas X. Instrumen disusun berdasarkan langkah Riset Pengembangan Borg & Gall. Langkah pertama adalah menganalisis semua bentuk tes yang ada pada Ujian Nasional, Ulangan formatif dan sumatif, dan tes yang ada di dalam buku Biologi SMA dengan sampel SMA di Surakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar tes mencerminkan Kemampuan Berpikir Tingkat Rendah (LOTS). Langkah kedua adalah penyusunan draft Tes HOTS pada materi ekosistem yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda yang akan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Draft tes divalidasi oleh validator berkualifikasi dan guru. Instrumen tes selanjutnya diujikan pada sejumlah kecil siswa dalam Uji Coba Pertama. Hasil uji coba kesatu dianalisis secara kuantitatif menggunakan program MicroCat ITEMAN versi 3.00 yang digunakan untuk menentukan reliabilitas, taraf kesukaran, daya beda serta efektivitas distraktor. Berdasarkan hasil Uji Coba Tahap I diketahui bahwa instrumen tes Higher Order Thinking Skill pada siswa SMA kelas X untuk materi Ekosistem yang menunjukkan 45 % item diterima atau valid, 40% item direvisi dan 15% item ditolak. Proses revisi draft instrumen tes dan Uji Coba Tahap II dalam proses penyelesaian..
Keywords: HOTS, assesmen, ekosistem, Biology SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.