Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Penghijauan dalam Rangka Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Gumukrejo Kedunglengkong Simo Boyolali

Rina Astuti

Abstract

Topografi wilayah kecamatan simo merupakan daerah yang berupa dataran bergelombang dan berbuki dan  menjadi bagian anak pegunungan kendeng, salah satunya yaitu desa kedunglengkong. Lahan menjadi sumber  daya yang penting untuk kepentingan hidup masyarakat di simo terutama di desa kedunglengkong. Lahan yang  terbatas dan berada di daerah tandus maka pengelolaan lahan harus hati-hati dan sesuai dengan kemampuan  agar tidak mengurangi daya guna lahan dan mengurangi produktivitas lahan. Salah satu upaya yang harus  dilakukan untuk menjaga kemampuan lahan agar tetap terjaga dan terpelihara juga untuk membantu  menghindari kesalahan dalam tataguna lahan dan mengatasi masalah turunnya produktivias lahan adalah  dengan pengelolaan lahan yang tepat. Pengelolaan lahan yang baik demi menjaga keseimbangan lingkungan  ini diperlukan kesadaran dari masyarakat sehingga terbentuk karakter peduli lingkungan dan peduli lahan  dengan melakukan penghijauan di sekitar tempat tinggalnya masing-masing. Tujuan dari kegiatan ini adalah  1). Menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada masyarakat dukuh gumukrejo desalengkong, 2). Melakukan  kegitan nyata dengan kegiatan penghijauan. Metode sosialisasi dan penyuluhan di awal perlu dilakakukan agar  masyarakat terbuka hati dan pikirannya terhadap masalah-masalah lingkungan sehingga tumbuh kepedulian  terhadap kelestarian lingkungan dan lahan. Metode kegiatan yang nyata dilakukan adalah dengan penanaman  kembali pohon sengon sebanyak 260 pohon dan beberapa tanaman buah-buahan pada lahan yang mulai tandus  dan lahan – lahan tidur yang tidak di manfaatkan. Target luaran dari kegiatan ini adalah masyarakat dukuh  gumukrejo desa kedung lengkong memiliki karakter peduli lingkungan.

Keywords

karakter peduli lingkungan, kesadaran masyarakat, penghijauan,

Full Text:

PDF

References

Anam, H., & Istiqomah, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Prapatan dalam Rangka Penghijauan Lingkungan Kota Balikpapan. Abdimas Universal, 2(1), 41-43. Mardiani, W. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Di Sdn 112 Pekanbaru. Suara Guru, 3(2), 289-298. Mukson, M., Ubaedillah, U., & Wahid, F. S. (2021). Penanaman pohon sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penghijauan lingkungan. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02). Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Putri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., ... & Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69-74. Pratiwi, D. A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat RW 12 dalam Kegiatan Penghijauan Lingkungan di Kavling Mandiri Kelurahan Sei Pelunggut. Minda Baharu, 1(1). Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41. Susanto, N. C. A., Latief, M., Puspitasari, R. D., Bemis, R., & Heriyanti, H. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 111-117. Yuniarti, D. (2019). Eksternalitas Lingkungan. Ahmad Dahlan University, 1-15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.