Pemanfaatan sampah organik untuk pembuatan eco-enzyme di Desa Sumber dari program kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Sebelas Maret

Chandra Adi Prabowo, Ferdina Astuti, Yoneka Noorca Erlangga,, Ryzki Tri Rahma Dewi, Dita Erin Monika, Fina Widiyanti, Nahwari Herlina Pramesti, Yongki Irawan, Diva Asri Agustin, Ulfa Ade Nurjanah, Inayatullah Riun Shaumiyah

Abstract

Sampah merupakan salah satu masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia maupun dunia. Pengelolaan sampah yang belum maksimal menjadikan sampah tidak memiliki nilai yang berarti . Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait cara mengelola sampah menjadi barang yang bermanfaat. Program ini dilaksanakan di Desa Sumber RW 03, Banjarsari, Surakarta bersama ibu – ibu untuk mendaur ulang sampah dapur organik yang sudah tidak terpakai menjadi bermanfaat untuk lingkungan. Hasil fermentasi dari eco enzym mempunyai banyak manfaat seperti sabun pembersih lantai, pembersih kloset, dan bisa melancarkan saluran air yang tersumbat. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 20 Juli 2022 oleh kelompok 25 UNS. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu diskusi dengan terkait alur kegiatan , sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan manfaat eco enzyme kemudian mempraktikan setiap tahap pembuatan eco enzym dengan perwakilan setiap RT. Kemudian nantinya perwakilan setiap RT mengajarkan kepada ibu-ibu warga setempat. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan penyuluan pemanfaatan sampah menjadi eco-enzym berjalan lancar. Harapannya masyarakat dapat melaksanakan kegiatan tersebut secara berkelanjutan.

Keywords

KKN UNS, Pemberdayaan , Sampah Organik , Eco enzyme.

Full Text:

PDF

References

Dewi, S.P., Devi, S, dan Ambarwati, S.(2021). Pembuatan dan Uji Organoleptik Eco-enzyme dari Kulit Buah Jeruk.Seminar Nasional & Call of Paper.Hubisintek.

Elamin, et al. (2018). Analysis Of Waste Management In The Village Of Disanah, District Of Sreseh Sampang, Madura. Jurnal Kesehatan Lingkungan.10(4): 368-375.

Jelita, R.(2022). Produksi Eco Enzyme dengan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Menjaga Kesehatan Masyarakat di Era New Normal. Jurnal Maitreyawira.3(1):28-35.

Junaidi, R. J., Zaini, M., Ramadhan, R., Hasan, M., Ranti, B. Y. Z. B., Firmansyah, M. W & Hardiansyah, F. (2021). Pembuatan Eco-Enzyme sebagai Solusi Pengolahan Limbah Rumah Tangga. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(2), 118-123

Nurfajriah, et al. (2021). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme Sebagai Usaha Pengolahan Sampah Organik Pada Level Rumah Tangga. Jurnal Ikraith-Abdimas.3(4):194-197.

Prasetio, V.M, Ristiawati, T., dan Philiyanti, .F.(2021). Manfaat Eco Enzyme Pada Lingkungan Hidup Serta Workshop Pembuatan Eco Enzyme.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.1(1):21-29.

Rosnina AG, Z. W. (2022). APLIKASI PUPUK ECO-ENZYME PADA LAHAN MARGINAL DI DESA REULEUT BARAT MUARA BATU ACEH UTARA. Global Science Society : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sahil, et al. (2016). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate.Jurnal Bioedukasi.4(2):478-487.

Septiani, U. N. (2021). SeminarNasional Pengabdian Masyaraat LPPM. Eco Enzym : Pengolahan Smpah Rumah Tangga Menjadi Prosuk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebijakan.

Sujarwo, T. W. (2014). PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK & ANORGANIK. Yogyakarta: JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2014.

Ulfia Septiani, N. R. (2021). Eco Enzyme: Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ , 1-7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.