Pemberdayaan Kuliner Halal Kauman (KHK) dengan Pemanfaatan Sosial Media sebagai Media Promosi dan Branding di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta

Faqih Syauqy Al Firdaus, Laras Paradea, Rizki Deva Maharani, Vira Yunita, Addenia Izzah Az-Zahra, Afif Fauzan Zarror

Abstract

Efek nyata dari Pandemi yang berkepanjangan yakni melumpuhkan perekonomian. Banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM yang sedang merintis dan sudah berjalan menjadi terpuruk. Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah guna membangkitkan perekonomian terutama bagi para pelaku UMKM adalah memberikan suntikan dana. Diluar itu pemerintah tidak memberikan ilmu yang berkaitan untuk memajukan UMKM. Kegiatan pengabdian KKN kelompok 32 UNS di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta berupaya memberikan pembekalan ilmu tentang kewirausahaan untuk membantu memajukan UMKM. Setelah dilakukan survey didapatkan hasil bahwa lokasi tempat pengabdian membutuhkan ilmu tentang Digital Marketing yang ditujukan kepada warga kauman melalui seminar. Kegiatan seminar ini diikuti oleh 35 warga yang sedang merintis dan memiliki UMKM. Kegiatan ini menghadirkan pembicara yang sudah lama berkecimpung di bidang bisnis dan UMKM yang memiliki hubungan dengan UNS. Materi yang disampaikan seputar digital marketing mencakup bagaimana cara memasarkan produk yang dijual; bagaimana pengambilan foto dari produk yang baik; dan kiat kiat dalam menjalankan UMKM di era digital.

Keywords

branding, kemiskinan, pemberdayaan UMKM

Full Text:

PDF

References

(ABDSI), A. B. D. S. I. (2020). Survey yang Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dampak Covid-19 terhadap UMKM. http://www.abdsi.id/bappenas-sarankan-umkm-terdampak-covid-19-perlu-pendampingan/

Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta solusinya. Info Singkat, 13(10), 19-24.

laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), 89-98.

Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Gramedia Pustaka Utama.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40-52.

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK, 1(1).

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun Branding bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125-136.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.