KKN UNS Tematik Integratif “Peningkatan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan”

Yudi Rinanto, Reza Kurnia Abadi, Dhea Ramadhani, Rosyda Saniyya Ishlaha, Muhammad Fatih Mafaiziddin, Lydia Julyeta Siahaan, Annisaa Widyaningrum, Ghani Naufal Tamma, Kharisma Nur’alfi Syaharani, Agra Dewi Sabrina, Arilya Syaharani

Abstract

Desa Genilangit merupakan salah satu desa dengan potensi wisata alam yang berada di Kecamatan Poncol,  Kabupaten Magetan. Adanya potensi wisata alam ini memancing munculnya berbagai jenis sektor UMKM.  Namun adanya pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai dampak negatif, terutama di bidang perekonomian  dan pariwisata. Hampir seluruh pelaku UMKM dan sektor wisata mengalami penurunan pendapatan.  Penurunan ini memberikan dampak yang cukup signifikan karena berlangsung lama. Keadaan ini memaksakan  para UMKM untuk beradaptasi dengan menyesuaikan kondisi pandemi. Salah satu cara yang dapat dilakukan  adalah dengan memulai penjualan secara online melalui e- commerce. Namun, pada kenyataannya, banyak  pegiat UMKM yang kurang mengenal penggunaan e-commerce. Sektor wisata pun perlu mulai bangkit karena  orang-orang mulai aktif beraktivitas secara luar jaringan, sehingga diperlukan promosi agar sektor wisata  kembali dikenal. Dengan hal ini, peran mahasiswa sebagai peserta KKN memberikan edukasi dan  pemberdayaan pengembangan UMKM dan sektor wisata yang ada di era digital. Program pemberdayaan  diharapkan dapat berdampak pada penjualan yang efektif, lebih produktif, lebih berkualitas serta produk dan  lokasi wisata dapat lebih dikenal agar bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional, serta menjangkau  pemasaran yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.

Keywords

Film Animasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sirkulasi, Motivasi Belajar, Science Integrated Learning.

Full Text:

PDF

References

Setiyawan, A. D., Priyanto, P., & Wiwoho, R. D. (2021). Potensi Wisata Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Prosiding SNITT POLTEKBA, 5, 6-16.

Utami, B. A., & Kafabih, A. (2021). Sektor pariwisata Indonesia di tengah pandemi COVID 19. JDEP (Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan), 4(1), 8-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.