Kontribusi Implementasi Model Pembelajaran SIL (Science Integrated Learning) Berbantuan Film Animasi Terhadap Tiap Aspek Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi

Alfiana Nur Aeni, Umi Fatmawati

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : (4) perbedaan pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi dengan model pembelajaran SIL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (5) perbedaan pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi dengan model pembelajaran SIL terhadap motivasi belajar siswa, (6) bagaimana pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi terhadap masing-masing aspek keterampilan berpikir kritis dan (7) bagaimana pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi terhadap masing-masing aspek motivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimental Research dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, pengambilan data keterampilan berpikir kritis menggunakan instrumen soal tes keterampilan berpikir kritis dan angket untuk mengukur motivasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Manova untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar siswa secara terpisah dan simultan. Kemudian dilakukan uji lanjut Post-hoc Tukey untuk menguji perbedaan signifikansi pengaruh dan uji Regresi untuk mengetahui sejauh mana bagaimana pengaruh terhadap tiap aspek keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dari tinggi ke rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran SIL berbantuan film animasi dengan model pembelajaran SIL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan analisi hasil uji lanjut Post Hoc Tukey dengan nilai sig.< 0,05 (2-tailed) 0.031, 0.018 dan 0.000, (5) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran SIL berbantuan film animasi dengan model pembelajaran SIL terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan analisis hasil uji Post Hoc Tukey dengan nilai sig.< 0,05 (2-tailed) 0.007, 0.001 dan 0.000, (6) terdapat tingkatan pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi pada masing-masing aspek keterampilan berpikir kritis berdasarkan analisis hasil uji Regresi yaitu aspek Analisis (31,72%), Evaluasi (18,68%), Inferensi (17,08%), Eksplanasi (10,62%), Pengaturan (8,83%), dan Interpretasi (6,65%), (7) terdapat tingkatan pengaruh model pembelajaran SIL berbantuan film animasi pada masing-masing aspek motivasi belajar berdasarkan analisis hasil uji Regresi yaitu Intensity (32,43%), Persistence (27,44%), Direction (10,34%). Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) berbantuan film animasi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa secara terpisah, simultan, maupun pada setiap aspeknya. Model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) berbantuan film animasi juga memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa daripada model pembelajaran SIL saja dan model pembelajaran konvensional.

Keywords

Film Animasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sirkulasi, Motivasi Belajar, Science Integrated Learning.

Full Text:

PDF

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.

Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Auliah, A., Hasan, S. W., & Herawati, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Chemistry Education Review, 3(2), 185–193. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Destiana, T. (2019). The use of Media Applications of Three Dimensional Animation to Enhance the Students ’ Critical Thinking Skills on the subject Matter of the Structure and Function of Cells. Universitas Pasundan, Bandung.

Dewi, N., Sih, S., & Martini. (2019). Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sub Materi Metabolisme Sel. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 7(3), 350–354.

Efendi, A., & Elihami, E. (2020). Guide-Lining for Learning to Optimizing Learning Achievement. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 56–62. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/189

Egidya, W. M., Sri, T., & Wulandari, H. (2021). Validitas Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA / MA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat SNasPPM VI Universitas PGRI Ronggolawe, 6(1), 447–452. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Measured Reasons LLC & Insight Assessment (Vol. 28). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/251303244%0ACritical

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPII, 3(1), 95–101.

Gretter, S., & Yadav, A. (2016). Computational Thinking and Media & Information Literacy : An Integrated Approach to Teaching Twenty-First Century Skills. Journal of TechTrends. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s11528-016-%0A0098-4

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. JPPI : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91–106.

Hendra, S. (2013). Belajar Orang Genius. Jakarta: Gramedia.

Huang, Y. S., & Asghar, A. (2016). Science Education Reform in Confucian Learning Cultures : Teachers’ Perspectives on Policy and Practice in Taiwan. Journal of Cultural Studies of Science Education, 1–31. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s11422-016-%0A9762-4

Irwanto, I., Permata, E., Irwani, I., & Marliah, M. (2021). Implementasi Multimedia Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 5 Bajo Sulawesi Selatan. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 16(1). https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i1.10738

Islam, M. B., & et al. (2014). Pendidikan Anak Melalui Animasi. Jurnal Internasional Grafik Komputer Dan Animasi, 4.

Kivunja, C. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21 Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education, 4(11), 2–11.

Kurniawan, B., & Muh, A. S. (2021). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Science Integrated Learning ( SIL ) Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 192–201.

Lestari, D. A., Ariyanto, J., & Harlita. (2020). Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Problem-Based Learning dan Numbered Heads Together Berbasis Student Created Case Studies. Edusains, 12(1), 9–19.

Liliasari. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pelajar melalui Pendidikan IPA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA (Oktober 20). Bandung: S2 IPA UNLAM PRESS.

Mahendra, I. G. E. (2021). Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Siswa Berbasis “CINTA” Melalui SFH untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 290–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537

Masruri. (2020). Simulation Method Based on Project Based Learning as an Alternative Effort to Improve Motivation and Result of Learning Mutation Concept in Class XII MIPA SMA Negeri 1 Moga Academic Year 2019/2020. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 9(1).

Murti, A. H. D., Arsal, A. F., & Muis, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Aspek Motivasi Belajar dan Kondisi Kesehatan Fisik Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 06 Makassar. Biology Teaching and Learning, 4(1), 35–43.

Nawawi, S., & Wijayanti, T. F. (2018). Pengembangan Asesmen Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Terintegrasi Nilai Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 136–148.

Noviyanto, T., Juanengsih, N., & Eny. (2015). Penggunaan Media Film Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Journal Edusanins, 7(1), 57–63.

Nuri, A. R. U., Sajidan, Oetomo, D., Prasetyanti, N. M., & Parmin. (2019). Improving Indonesian Senior High School Students ’ Critical Thinking Skill through Science Integrated Learning ( SIL ) Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 145–158. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i2.3144

Nuroini, I. Z. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Tipe Ill- structured terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Parmin, Sajidan, Ashadi, Sutikno, & Fibriana, F. (2017). Science Integrated Learning Model to Enhance The Scientific Work Independence of Student Teacher in Indigenous Knowledge Transformation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 365–372. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11276

Primasari, R., Miarsyah, M., & Rusdi, R. (2020). Science Literacy, Critical Thinking Skill, and Motivation: A Correlational Study. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 273–282. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.11124

Purba, M. E. (2019). Efektivitas Penggunaan Multimedia terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padangsiidmpuan. Edugenesis, 1(1), 26–35.

Puspitasari, N. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantu Fishbone Diagram terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Peserta Didik Kelas XI SMA Al- Kautsar Bandar Lampung pada Pembelajaran Biologi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Putri, O. D., Nevrita, & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 14–27.

Romadhona, W., Djahir, Y., & Barlian, I. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Animasi terhadap Motivasi Belajar Sisiwa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 1(2), 196–203.

Sajidan, & Afandi. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 15–27.

Sari, D. ., & Sugiyanto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 154.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suwarsiah, Santoso, H., & Achyani. (2021). Peranan Media Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Biolova, 2(2), 108–113. Retrieved from http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/biolova

Syukur, A. (2013). Penggunaan Video dalam Pembelajaran Materi Metabolisme untuk Mengungkap Keterampilan Mengajukan Pertanyaan dan Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XII IPA (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/3465

Tremblay, K., Lalancette, D., & Roseveare., D. (2022). The Assessment of Higher Education Learning Outcomes PISA 2018 Database. OECD, 1.

Wardani, M. K., Raharjo, R. L., & Raida, S. A. (2021). Analisis Pembelajaran Biologi melalui Film Animasi Hataraku Saibou. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 250–265. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb

Wulandara, Y., Hendriyani, M. E., & Rifqiawati, I. (2021). Pengaruh Jurnal Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Anyer pada Materi Sistem Reproduksi. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 16(1), 72–80.

Yaumi, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Yuliani, D. (2018). Optimization of Multimedia Animation-Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Ability in Virus Material. Universitas Pasundan, Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.