Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan

Ahmad Faizal, Rozaqa Wahyurianto, Zulkarnain Ali, M Fitra AL, Intan Nurcahayani, Mohammad Ihsan Rosyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Outing class dalam: (1) Pemanfaatan kawasan konservasi PT KED sebagai media pembelajaran pendidikan konservasi, perubahan iklim dan mitigasi lingkungan; (2) Peningkatan kesadar-tauan generasi muda terhadap konservasi lingkungan; (3) Peningkatan motivasi belajar melalui “Tour de Kebun Sawit”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan model interaktif yang berasal dari empat proses yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Karya Nusa Lestari, PT Karyanusa Eka Daya, Astra Agro Lestari group, site Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode outing class meningkatkan literasi generasi muda tentang konservasi, perubahan iklim dan mitigasi lingkungan, Metode outing class mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, Implementasi outing class di kawasan konservasi terdiri atas beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut.

Keywords

konservasi, mitigasi lingkungan, outing class, perubahan iklim

Full Text:

PDF

References

Ainurrohmah, S. & Sudarti, S. (2022). Analisis Perubahan Iklim dan Global Warming yang Terjadi sebagai Fase Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 3(3), 1 – 10.

A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada

Barlia, Lily. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.

Bruce Mitchell, dkk. 2000. Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fianora, M. (2019). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Journal of Education on Social Science, 3(1), 34-46. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss1/154.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Handayani, L. (2020). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran project based learning pada masa pandemi COVID-19 bagi siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168 -174. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726.

Haryanto, H. C., & Prahara, S. A. P. (2017). Yakinkah dengan adanya perubahan iklim? INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8 (2), 88-99.

Hilman, D. 2009. Revitalisasi peraturan perundangan-undangan sebagai upaya strategis penanganan dampak perubahan iklim di indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia. 6(1):146–156.

Imtihani Amalia, Lalu Hamdian Affandi,Muhammad Tahir. 2021. Motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid 19 di kecamatan kayangan. JURNAL KEPENDIDIKAN Vol 6, No 1, Agustus 2021, Hal 13-20 p-ISSN 2302-111X

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Lenterahati. 2012. Pembelajaran Outing Class. http: // www. NTB. ac. id.

Lineman, M., Y. Do, J. Y. Kim, dan G. J. Joo. 2015. Talking about climate change and global warming. PLoS ONE. 10(9):1–12.

Milfont, T., L., Milojev, P., Greaves, L., M., Sibley, C., G. (2015). Socio-cultural and psychological foundations of climate change beliefs. New Zealand Journal of Psychology, 44 (1), 17-30.

Paryadi, Sugeng. 2008. Modul Konsep Pengelolaan Lingkungan Sekolah (Green School). Departemen Pendidikan Nasional: Tidak diterbitkan.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.

Santos, R. M. dan R. Bakhshoodeh. 2021. Climate change/global warming/climate emergency versus general climate research: comparative bibliometric trends of publications. Heliyon. 7(11): e08219.

Soerjani. 2007. Lingkungan Hidup (The Living Environment) Pendidikan, Pengelolaan Lingkungan dan Kelangsungan Pembangunan (Education, Environmental Management and Sustainable Development). Jakarta: Institut Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus, 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tresna Sastrawijaya A. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka cipta.

Yukseloglu, S. M., & Karaguven, M. H. (2013). Academic motivation levels of technical high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 282–288. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.033.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.