Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran GI dan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X-4 pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Daha Kediri

Budhi Utami

Abstract

Pembelajaran Biologi (IPA) memiliki obyek riil yang dengan mudah  diindera, sehingga penyampaian materi yang berhubungan dengan obyek nyata sebaiknya disampaikan dengan menggunakan contoh-contoh nyata. Untuk itu model pembelajaran yang dipilih sebaiknya menyesuaikan dengan karakteristik materi serta mampu menumbuhkan komunikasi aktif baik antara siswa-guru maupun siswa-siswa. Materi kingdom Animalia yang cukup luas sementara alokasi waktu sedikit, mengharuskan guru untuk mengubah metode ceramah dengan metode dan model pembelajaran kooperatif yang sesuai. Kombinasi model GI dan NHT diharapkan mampu meningkatkan kelesuan proses KBM yang selama ini cenderung monoton.Subyek penelitian adalah siswa kelas X-II SMA Pawyatan Daha Kediri sebanyak 24 orang. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dalam 2 siklus. Model pembelajaran yang diterapkan adalah kombinasi GI dengan NHT dengan metode praktikum dan diskusi.Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir analisis sebesar 33,34% dan hasil belajar sebesar 29,16%. Metode praktikum dengan menghadirkan media pembelajaran riil serta terciptanya suasana belajar kelompok dalam model GI dan NHT mampu menumbuhkan kerjasama dan komunikasi antar siswa selama proses pembelajaran, serta penyediaan sarana (media pembelajaran) yang dengan mudah dapat diamati, dipelajari dan dicermati siswa, mendorong siswa untuk bereksplorasi bahan ajar yang tertuang dalam LKS maupun soal-2 diskusi.

Keywords: Model GI dan NHT, kemampuan berpikir analisis, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.