Reduction of MA Students’ Intrinsic Cognitive Load in Biology Class of Spermatophytes using Plant Diversity Video

Tuti Garnasih, Topik Hidayat, Adi Rahmat

Abstract

Tayangan video ilmiah memiliki fungsi penting dalam pembelajaran di kelas, salah satunya dapat membuka pengetahuan awal siswa yang akan berdampak pada kemampuan intrinsic processing siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi beban intrinsic siswa dalam pembelajaran klasifikasi Spermathophyta dengan memberikan tayangan video keanekaragaman tumbuhan pada kegiatan apersepsi. Penelitian dilakukan pada salah satu Madrasah Aliyah Swasta di kota Bandung dengan menggunakan posttest only control group design. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen diawali dengan apersepsi melalui penayangan video keanekaragaman tumbuhan, sedangkan pada kelas kontrol apersepsi diisi dengan tanya jawab tentang berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitar siswa. Beban intrinsic siswa diukur dari kemampuan siswa dalam memproses informasi. Data tersebut dijaring dengan soal uraian yang dihimpun dalam bentuk task complexity worksheet. Hasil belajar siswa diukur dengan tes tulis pada aspek penalaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan tayangan video keanekaragaman tumbuhan pada apersepsi memiliki kemampuan memproses informasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang melakukan tanya jawab pada apersepsi. Hasil ini menggambarkan bahwa beban intrinsic siswa pada pembelajaran klasifikasi Spermatophyta di kelas eksperimen lebih rendah dibanding siswa dari kelas kontrol. Rendahnya beban intrinsic ini berkorelasi dengan tingginya hasil belajar siswa.

Keywords: tayangan video, apersepsi, beban instrinsic, pembelajaran klasifikasi spermatophyta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.