APLIKASI PEMBELAJARAN EKTRAKURIKULER KIR BERWAWASAN SETS UNTUK MEMBANGUN TRADISI ILMIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 DEPOK

Siti Khoiriyah, Deden Suryasa

Abstract

Dalam rangka menghadapi persaingan ketat di era globalisasi yang serba cepat dan  mudahnya penyebaran
informasi, perlun adanya upaya menciptakan peradaban yang ilmiah dalam kehidupan di masyarakat. Budaya penelitian
memang telah harus dikenalkan kepada para siswa sejak dini. Memupuk budaya penelitian pada kalangan siswa adalah tidak
mudah, sehingga perlu strategi khusus untuk membangun tradisi ilmiah siswa.  Penelitian berjudul Aplikasi Pembelajaran
Ekstrakurikuler KIR Berwawasan SETS Untuk Membangun Tradisi Ilmiah Siswa Di SMA Negeri 1 Depok, bertujuan untuk
mengetahui efektivitas aplikasi pembelajaran ekstrakurikuler KIR berwawasan SETS sehingga mampu membangun tradisi
ilmiah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  melalui studi kasus menggunakan kuisioner dengan responden dari
warga SMA Negeri 1 Depok yang diambil teknik pengambilan sampel proportional random sampling yang kemudian dianalisis
dengan statistik deskriprif. Data yang diperoleh memberikan gambaran bahwa aplikasi wawasan SETS dalam pembelajaran
KIR efektif untuk menumbuhkan semangat riset pada kalangan siswa sehingga akan mampu membangun tradisi ilmiah siswa
 
Kata kunci : KIR, SETS, ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.