KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INQUIRY

Sumarno Sumarno

Abstract

Penelitian  pre-experimental design  dengan metode  one group pretest-postest  dilakukan dalam rangka mengkaji
kualitas proses dan hasil belajar biologi dengan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan model pembelajaran kooperatif
dalam setting pembelajaran inquiry. Kualitas proses pembelajaran biologi diketahui melalui pengamatan terhadap ketrampilan
kooperatif siswa, ketrampilan proses siswa serta kecakapan guru dalam membelajarkan biologi, sedangkan kualitas hasil
belajar diperoleh berdasarkan hasil tes siswa.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan kooperatif yang banyak dilakukan oleh siswa adalah berbagi tugas dan selalu
berada dalam tugas untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok secara kooperatif. Ketrampilan proses yang dominan adalah
melakukan pengamatan serta mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan, kecakapan guru dalam membelajarkan
biologi terkategori amatbaik dan hasil belajar siswa terhadap penguasaan materi menunjukkan peningkatan ketuntasan.
 
Kata kunci: kualitas proses, hasil belajar, cooperative inquiry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.