KARAKTERISTIK MATERI YANG MENGGUNAKAN PBL DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Model Project Based-Learning sebagai alternatif model pembelajaran yang bertujuan meningkatan prestasi
akademik peserta didik melalui program penugasan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik materi
pembelajaran yang terdapat pada penelitian – penelitian yang sering menggunakan PBL untuk meningkatkan motivasi maupun
hasil belajar mahasiswa. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa karakteristik materi yang sering diajarkan dengan menggunakan
model PBL antara lain berupa studi kasus, berbasis masalah atau proyek kasus-kasus yang saling terkait antar topik atau
bidang kajian lainnya (multi lintas bidang), membutuhkan sumber-sumber informasi faktual dari lapangan, cognitivetools,
pemodelan yang dinamis, membutuhkan diskusi (percakapan dan kolaborasi), serta dukungan kontekstual dan sosial.
Kata – kata kunci : model PBL, Komponen PBL, materi pembelajaran.
akademik peserta didik melalui program penugasan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik materi
pembelajaran yang terdapat pada penelitian – penelitian yang sering menggunakan PBL untuk meningkatkan motivasi maupun
hasil belajar mahasiswa. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa karakteristik materi yang sering diajarkan dengan menggunakan
model PBL antara lain berupa studi kasus, berbasis masalah atau proyek kasus-kasus yang saling terkait antar topik atau
bidang kajian lainnya (multi lintas bidang), membutuhkan sumber-sumber informasi faktual dari lapangan, cognitivetools,
pemodelan yang dinamis, membutuhkan diskusi (percakapan dan kolaborasi), serta dukungan kontekstual dan sosial.
Kata – kata kunci : model PBL, Komponen PBL, materi pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.